Alcoa akan Jual 25,1% Sahamnya di Ma’aden Seharga $1,1 Miliar

Pabrik aluminium AS Alcoa di kota Alcoa, Tennessee (foto: dok).

J5NEWSROOM.COM, Alcoa, produsen aluminium AS, mengumumkan bahwa mereka akan menjual 25,1% saham penyertaannya dalam usaha patungan dengan Ma’aden, perusahaan pertambangan Arab Saudi, seharga $1,1 miliar (sekitar Rp 16,95 triliun). Transaksi ini akan melibatkan sekitar 86 juta saham Ma’aden serta uang tunai sebesar $150 juta. Alcoa memperkirakan kesepakatan ini akan selesai pada paruh pertama tahun 2025.

CEO Alcoa, William Oplinger, menyatakan bahwa transaksi ini akan menyederhanakan portofolio perusahaan mereka, meningkatkan eksposur nilai investasi mereka di Arab Saudi, dan memberikan kelonggaran keuangan yang lebih besar bagi Alcoa. Setelah transaksi selesai, Alcoa akan mempertahankan sekitar 2% saham Ma’aden yang beredar saat ini.

Usaha patungan dengan Ma’aden ini dimulai pada tahun 2009 dan merupakan kompleks pertambangan terpadu di Arab Saudi. Saat ini, Ma’aden memiliki sisa 74,9% dari proyek tersebut. Bob Wilt, CEO Ma’aden, mengharapkan ada peluang di masa depan untuk bekerja sama lebih lanjut, sambil terus membangun sektor pertambangan yang menjadi salah satu pilar perekonomian Saudi.

Alcoa juga melaporkan pendapatan kuartalan sebesar $2,9 miliar pada bulan Juli, melampaui perkiraan sebelumnya yang sebesar $2,8 miliar.

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah