Beri Kuliah Umum di UMRAH, H. Muhammad Rudi Paparkan Program Pembangunan Prioritas Batam

Calon Gubernur Kepri H. Muhammad Rudi saat memaparkan Program Pembangunan Prioritas Batam. (Foto: Net)

J5NEWSROOM.COM, Tan­jungpinang – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam sekaligus Wali Kota Batam, H. Muhammad Rudi, berkesempatan memberikan kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, Jumat (20/9/2024). Dalam kuliah umum tersebut, Rudi memaparkan sejumlah program prioritas pembangunan yang telah berhasil menjadikan Batam sebagai pusat perekonomian di Provinsi Kepulauan Riau.

Dengan tema pembangunan berkelanjutan, Rudi menjelaskan berbagai inisiatif terkait pembangunan infrastruktur dasar serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Batam. Menurutnya, kedua aspek ini menjadi fondasi penting dalam memastikan kemajuan daerah.

“Perencanaan pembangunan daerah perlu melibatkan semua komponen, termasuk kalangan akademisi. Saya mengajak mahasiswa untuk ikut berkontribusi dalam memajukan Provinsi Kepri,” ujar Rudi.

Ia menegaskan, peran generasi muda sangat krusial dalam memajukan Kepulauan Riau. Melalui kolaborasi antara pemerintah dan kalangan akademis, Rudi berharap ada percepatan dalam pemerataan pembangunan di seluruh kabupaten dan kota di wilayah tersebut.

“Anak muda harus lebih kreatif dan inovatif untuk memajukan Kepri. Menuntut ilmu itu bisa di mana saja, tapi yang penting adalah bagaimana kita bisa memanfaatkannya untuk pembangunan daerah,” tambahnya.

Dalam sesi tersebut, ribuan mahasiswa UMRAH tampak antusias menyimak setiap penjelasan yang diberikan. Suasana kuliah umum pun menjadi semakin hangat ketika Rudi menyelipkan kuis interaktif dan candaan ringan untuk mencairkan suasana.

“Kita semua memiliki harapan agar Kepri ini bisa berkembang lebih baik, dengan pembangunan yang merata di seluruh wilayah. Saya berharap mahasiswa dapat ikut mengawal kemajuan ini, baik di sektor ekonomi maupun pembangunan infrastruktur,” pesan Rudi kepada para mahasiswa.

Kuliah umum ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana para mahasiswa mendapat kesempatan langsung berdialog dengan Muhammad Rudi tentang visi pembangunan Batam dan Kepulauan Riau secara keseluruhan.

Editor: Agung