200 Relawan Terlibat dalam Kegiatan World Cleanup Day 2024 di Tanjungpinang

Para relawan yang terlibat dalam Kegiatan World Cleanup Day 2024 di Tanjungpinang. (Foto: Devi/BTD)

J5NEWSROOM.COM, Tanjungpinang – Kegiatan World Cleanup Day (WCD) kembali digelar di Kota Tanjungpinang dengan tema #Kami13Juta Make Room For Life, Sabtu (21/9/2024).

Aksi bersih-bersih global ini melibatkan lebih dari 200 relawan dari berbagai kalangan, termasuk pelaku usaha perhotelan, ekspedisi, masyarakat umum, karang taruna, mahasiswa, pemerintah kelurahan, dan penggerak lingkungan. Tahun ini, Kampung Bugis dipilih sebagai lokasi aksi, tepatnya di kawasan RT 001/RW 000.

Sekretaris Lurah Kampung Bugis, Febrian Ramadhan, mengapresiasi pelaksanaan WCD di wilayahnya. “Kami sangat mendukung kegiatan ini dan berharap bisa dilakukan secara rutin, bahkan jika memungkinkan setiap bulan, demi mengurangi penumpukan sampah di Kampung Bugis,” ujar Febrian.

Selain mengumpulkan sampah, para relawan juga melakukan pemilahan untuk memudahkan pengelolaan lebih lanjut. Sampah yang sudah dipilah, terutama plastik yang memiliki nilai ekonomis, diserahkan kepada Bank Sampah Tuah Pesisir Kampung Bugis. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan kelompok bank sampah dan sekaligus membantu pelestarian lingkungan.

Leader WCD Tanjungpinang, Muhammad Azmi, menyampaikan terima kasih kepada para sponsor dan mitra yang mendukung kegiatan tersebut. “Kami berharap masyarakat tidak bosan untuk terus menjaga kebersihan lingkungan, karena ini adalah tanggung jawab kita bersama. Mari kita menjadi teladan bagi orang lain,” ungkapnya.

Dalam kegiatan kali ini, para peserta berhasil mengumpulkan lebih dari 2 ton sampah yang terdiri dari berbagai jenis, seperti sampah plastik, organik, besi, pakaian, serta plastik multilayer dan kantong kresek yang paling mendominasi.

Editor: Agung