DPRD Batam Resmi Miliki Pimpinan Definitif Periode 2024-2029

Ketua Pengadilan Negeri Batam, Bambang Trikoro melantik Pimpinan Definitif DPRD Batam periode 2024-2029. (Foto: Humas DPRD Batam)

J5NEWSROOM.COM, Batam – DPRD Kota Batam secara resmi menetapkan pimpinan definitif periode 2024-2029 dalam Rapat Paripurna yang digelar di Gedung DPRD Batam, Batam Center, pada Rabu (25/9/2024). Haji Muhammad Kamaluddin dari Partai Nasdem dilantik sebagai Ketua DPRD, dengan dua wakil ketua yaitu Haji Aweng Kurniawan dari Partai Gerindra sebagai Wakil Ketua I dan Hendra Asman dari Partai Golkar sebagai Wakil Ketua III.

Pelantikan ini ditandai dengan pengucapan sumpah dan janji yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Batam, Bambang Trikoro, didampingi dua rohaniawan dari agama Islam dan Buddha. Acara ini dihadiri oleh Pjs Walikota Batam Andi Agung, jajaran Forkompimda, tokoh masyarakat, perwakilan Lembaga Adat Melayu (LAM), anggota DPRD Provinsi, Komisioner KPU dan Bawaslu, serta undangan lainnya.

Sebelum prosesi pengucapan sumpah dimulai, Ketua Sementara DPRD Kota Batam, Hj Asnawati Atiq, membuka rapat paripurna. Dalam sambutannya, Asnawati menjelaskan bahwa salah satu tugas utamanya sebagai pimpinan sementara adalah menetapkan pimpinan definitif DPRD Batam, termasuk pengesahan peraturan DPRD tentang tata tertib.

Setelahnya, Sekretaris DPRD Kota Batam, Ridwan Afandi, membacakan Surat Keputusan (SK) Gubernur Kepulauan Riau terkait penetapan pimpinan definitif DPRD. Kamaluddin, Aweng, dan Hendra kemudian maju ke depan untuk mengucapkan sumpah jabatan mereka yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Batam.

Namun, dari empat posisi pimpinan DPRD yang seharusnya ada, Wakil Ketua II yang menjadi hak PDI-Perjuangan belum dilantik karena partai tersebut belum mengirimkan nama calon pimpinan mereka.

Setelah prosesi pengucapan sumpah, Kamaluddin menerima palu sidang dari Asnawati Atiq sebagai simbol serah terima jabatan. Kamaluddin, Aweng, dan Hendra kemudian menempati kursi pimpinan DPRD dan menyapa ratusan warga yang hadir di ruang sidang.

“Menjadi anggota DPRD adalah amanah dan pilihan. Selain menjalankan fungsi pembentukan perda, pengawasan, dan penganggaran, yang terpenting adalah pengabdian kepada masyarakat. Kami mengajak seluruh anggota untuk melandasi niat dengan ketulusan demi Kota Batam tercinta,” kata Kamaluddin dalam sambutannya.

Pjs Walikota Batam, Andi Agung, turut memberikan sambutan dengan mengucapkan selamat kepada pimpinan DPRD yang baru dilantik. Dia optimistis pimpinan DPRD akan bekerja secara profesional dan berharap terciptanya kolaborasi yang baik untuk membangun Kota Batam ke depan.

Dengan pelantikan ini, DPRD Kota Batam diharapkan dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan lebih efektif, guna mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Batam.

Editor: Agung