Catat Rekor Baru, Martin Sukses Berada Posisi Terdepan di MotoGP Mandalika

Jorge Martin (Prima Pramac) melaju saat kualifikasi MotoGP 2024 di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat, 28 September 2024. (Foto: BAY ISMOYO/AFP)

J5NEWSROOM.COM, Pebalap asal Spanyol, Jorge Martin, berhasil meraih posisi terdepan pada Sabtu (28/9) di Sirkuit Mandalika untuk kategori sprint dan Grand Prix MotoGP akhir pekan ini, dengan mencatatkan waktu lap yang sangat mengesankan. Martin, yang saat ini memimpin klasemen, juga berusaha untuk memperbesar jarak dengan para pesaingnya dalam perlombaan memperebutkan gelar.

Dalam kondisi sirkuit yang lembab, Martin dari Ducati-Pramac mencatatkan waktu 1 menit 29,088 detik, memecahkan rekor yang ditetapkan sehari sebelumnya dengan selisih lebih dari setengah detik.

“Saya sangat senang. Hari ini saya merasa luar biasa. Semuanya berjalan dengan baik, jadi ini selalu menyenangkan,” ungkap Martin kepada wartawan.

Ia unggul 0,535 detik dari pebalap Italia, Marco Bezzecchi, yang berhasil menghindari kecelakaan untuk meraih posisi terdepan di lap terakhir. Sementara itu, Pedro Acosta dari Red Bull GasGas, juga asal Spanyol, menempati posisi ketiga dengan selisih 0,048 detik.

“Saya kehilangan sedikit fokus dan jatuh. Untungnya, motornya tidak mengalami kerusakan,” kata Bezzecchi dari Ducati-VR46.

“Saya tahu saya bisa cepat, tetapi tidak menyangka bisa ada di baris pertama, jadi apa yang bisa saya katakan? Saya sangat senang,” tambahnya.

Juara bertahan dari Italia, Francesco Bagnaia, dan Enea Bastianini, akan memulai balapan dari baris kedua setelah menempati urutan keempat dan kelima.

Marc Marquez, pebalap asal Spanyol yang kini berada di urutan keempat dalam klasemen, mengalami dua kali tergelincir pada sesi kualifikasi kedua dan akan memulai dari posisi ke-12 setelah tidak berhasil mencatatkan waktu putaran.

Francesco Bagnaia, juara bertahan, kini tertinggal 24 poin dari Jorge Martin. Masih ada enam akhir pekan balapan tersisa, di mana setiap akhir pekan memungkinkan pebalap meraih maksimal 37 poin.

Pebalap Ducati asal Italia tersebut kehilangan posisi dari Martin setelah mengalami kecelakaan di MotoGP Emilia-Romagna pekan lalu.

Rekan setim Bagnaia, Bastianini, dan Marquez dari Gresini tertinggal 59 dan 60 poin dari Martin, tetapi masih memiliki peluang kecil untuk kembali bersaing dalam perebutan gelar.

Enea Bastianini mencetak rekor baru di Sirkuit Mandalika saat latihan pada Jumat (27/9) dengan waktu 1:29.630, sebelum Jorge Martin melakukan putaran kualifikasi yang mengesankan.

MotoGP kembali digelar di Indonesia pada 2022, setelah pertama kali diadakan di Tanah Air pada 1997.

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah