25 Orang Tewas dalam Kecelakaan Bus Sekolah di Thailand

Bus yang membawa guru dan siswa dari sekolah Wat Khao Phraya, terbakar, yang mengakibatkan 25 orang tewas dan lainnya cedera, di pinggiran Bangkok, Thailand, 1 Oktober 2024. (Foto: Chalinee Thirasupa/REUTERS)

J5NEWSROOM.COM, Sebuah bus yang mengangkut puluhan anak sekolah mengalami kecelakaan dan terbakar, mengakibatkan sedikitnya 25 orang tewas di luar Bangkok, Thailand. Terdapat 44 orang di dalam bus tersebut saat kecelakaan terjadi di jalan raya yang ramai di provinsi Pathum Thani pada Selasa (1/10) sore. Jumlah penumpang terdiri dari 38 anak dan enam orang dewasa.

Menteri Dalam Negeri Thailand, Anutin Charnvirakul, mengonfirmasi bahwa 22 anak sekolah dan tiga guru menjadi korban dalam kebakaran ini.

Bus tersebut membawa anak-anak dan guru dari sekolah Wat Khao Sangkharam di provinsi Uthai Thani, di pinggiran utara Bangkok. Mereka sedang dalam perjalanan wisata menuju Ayutthaya, sebuah kawasan yang populer di kalangan wisatawan karena kuil-kuil bersejarahnya.

Pihak berwenang mencurigai bahwa bus tingkat itu mengalami pecah ban, yang menyebabkan percikan api menyentuh tangki bahan bakar dan memicu kebakaran. Bus tersebut dioperasikan oleh Chinnaboot Tour dan menggunakan gas alam terkompresi (CNG) yang sangat mudah terbakar.

Sebanyak 19 orang, termasuk 16 murid dan tiga guru, berhasil selamat dari kecelakaan dan dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Tidak jelas mengapa beberapa orang bisa melarikan diri dari bus yang terbakar sementara yang lainnya tidak.

Bus tersebut hangus terbakar ketika sejumlah polisi, petugas medis, pemadam kebakaran, dan personel militer tiba untuk mengevakuasi jenazah yang tersisa dari kendaraan yang terbakar.

Polisi Thailand menyatakan kepada VOA bahwa jenazah 20 anak dan tiga orang dewasa masih berada di dalam bus saat operasi evakuasi berlangsung.

Thailand memiliki salah satu catatan keselamatan jalan raya terburuk di dunia dan menjadi yang paling mematikan di Asia Tenggara. Setiap tahun, kecelakaan lalu lintas menyebabkan sekitar 20.000 kematian, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dengan kecelakaan sepeda motor menjadi penyebab utama kematian.

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah