352 UMKM Binaan Telkom Tingkatkan Daya Saing Produk Melalui Program Nutrition Fact

Pembuatan label Nutrition Fact pada kemasan produk UMKM yang berasal dari program Nutrition Fact yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Rumah BUMN Telkom sejak Maret 2024. (Foto: Humas Telkom)

J5NEWSROOM.COM, Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, melalui Rumah BUMN Telkom, meluncurkan program Nutrition Fact yang bertujuan meningkatkan kesadaran konsumen mengenai kesehatan makanan. Sejak Maret 2024, program ini telah melibatkan 352 UMKM dengan lebih dari 680 produk beragam, mulai dari aneka kripik, sambal, hingga kue kering.

Tren meningkatnya kesadaran konsumen terhadap kesehatan makanan menjadi faktor utama dalam inisiatif ini. Laporan dari International Food Information Council (IFIC) pada tahun 2023 menunjukkan bahwa 81% konsumen kini memeriksa label nutrisi sebelum membeli produk makanan. Hal ini mendorong UMKM untuk mencantumkan informasi gizi pada kemasan, sehingga tidak hanya memenuhi permintaan pasar, tetapi juga membangun kepercayaan konsumen dan meningkatkan daya saing produk mereka.

Pemilik Padma Herbal, Ellida Pande, yang mendapatkan manfaat dari program ini, mengungkapkan, “Terima kasih Telkom atas kesempatan yang diberikan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk kami. Program ini memungkinkan kami menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan internasional.”

Senior General Manager Social Responsibility Center Telkom, Hery Susanto, menegaskan, “Kami berkomitmen untuk meningkatkan kelas UMKM melalui berbagai aspek, termasuk pengadaan program nutrition fact. Ini diharapkan dapat membantu UMKM mendapatkan kepercayaan pelanggan dan bersaing di pasar digital serta internasional.”

Program Nutrition Fact merupakan bagian dari komitmen Telkom untuk meningkatkan kesadaran konsumen dan mendukung UMKM dalam memperkuat daya saing produk mereka.

#ElevatingYourFuture

Editor: Agung