Biden akan Tinjau Kerusakan Akibat Badai Milton di Florida

Puing-puing dari rumah-rumah yang hancur akibat Badai Milton berserakan di sekitar rumah-rumah yang masih berdiri di Manasota Key, Florida, 12 Oktober 2024. (Foto: AP)

J5NEWSROOM.COM, Presiden Joe Biden akan mengevaluasi kerusakan akibat Badai Milton di pesisir Teluk Florida pada Minggu (13/10), sambil mendesak Kongres untuk menyetujui tambahan dana darurat bencana. Wakil Presiden Kamala Harris akan memanfaatkan hari keduanya di North Carolina, yang mengalami dampak parah dari Badai Helene, untuk mengunjungi sebuah gereja komunitas Kulit Hitam dan melakukan kampanye.

Kunjungan Biden ke St. Petersburg memberinya kesempatan untuk mendesak Ketua DPR Mike Johnson agar Kongres menyetujui lebih banyak dana bantuan sebelum pemilu pada 5 November. Johnson sebelumnya menyatakan bahwa masalah ini akan dibahas setelah tanggal tersebut.

“Saya percaya Ketua DPR Johnson akan mengambil tindakan, terutama untuk pengusaha kecil,” kata Biden kepada wartawan saat ia dan Harris bertemu dengan para ajudannya pada Jumat untuk mendiskusikan respons federal terhadap Badai Milton dan Helene. Biden dan Johnson belum berkomunikasi secara langsung mengenai isu ini.

Biden di Florida dijadwalkan untuk mengumumkan dana sebesar $612 juta untuk enam proyek dari Departemen Energi di wilayah yang terdampak badai. Dana tersebut akan digunakan untuk meningkatkan ketahanan jaringan listrik di daerah itu, menurut pernyataan Gedung Putih. Pendanaan ini mencakup $94 juta untuk dua proyek di Florida, $47 juta untuk Gainesville Regional Utilities, dan $47 juta untuk Switched Source yang bekerja sama dengan Florida Power and Light.

Calon presiden dari Partai Demokrat, Kamala Harris, mengunjungi Raleigh pada Sabtu untuk bertemu dengan para pemimpin kulit hitam terpilih dan tokoh agama. Ia juga membantu sukarelawan dalam mengemas barang-barang perawatan pribadi untuk dikirim kepada korban Badai Helene di bagian barat negara bagian tersebut.

Harris akan menghabiskan hari Minggu di Greenville, dengan rencana untuk berbicara selama kebaktian gereja sebagai bagian dari upaya kampanyenya yang bertajuk “Souls to the Polls” atau “Jiwa menuju TPS” untuk menarik perhatian pengunjung gereja komunitas kulit hitam sebelum Hari Pemilu.

Dengan waktu kurang dari empat minggu menjelang pemilu, masalah bencana badai ini menambah dimensi baru pada persaingan ketat dalam pemilihan presiden.

Calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump, menyatakan bahwa respons pemerintah Biden terhadap badai kurang memadai, terutama di North Carolina setelah Badai Helene.

Badai Milton melanda Florida sebagai badai berkategori 3 pada Rabu malam, menyebabkan sedikitnya 10 orang tewas dan ratusan ribu warga kehilangan aliran listrik.

Para pejabat menyatakan bahwa jumlah korban bisa lebih banyak jika evakuasi yang luas tidak dilakukan. Kerusakan yang baru saja terjadi akibat badai Helene dua minggu sebelumnya mungkin telah memaksa banyak orang untuk mengungsi.

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah