Dua Ekor Panda Berangkat dari China Menuju Ibu Kota AS

Panda bernama Bao Li saat masih berada di habitatnya di Wolong, China, pada 16 Mei 2024. (Foto: AFP/Roshan Patel/Smithsonian’s National Zoo and Conservation Biology Institute)

J5NEWSROOM.COM, Dua panda raksasa telah diberangkatkan dari China menuju kebun binatang di ibu kota AS pada hari Senin (14/10), menurut pernyataan dari kelompok konservasi China.

Kedua panda berusia tiga tahun tersebut, Bao Li (panda jantan) dan Qing Bao (panda betina), akan menuju Kebun Binatang Nasional Smithsonian di Washington sebagai bagian dari perjanjian pengembangbiakan dan penelitian selama sepuluh tahun.

“Asosiasi Konservasi Satwa Liar China (CWCA) menyatakan bahwa China dan Amerika Serikat telah merencanakan dengan matang untuk memastikan kedatangan kedua panda tersebut di Kebun Binatang Nasional Washington berlangsung aman dan lancar.”

Jumlah panda berwarna hitam-putih yang sangat populer ini kini sangat terbatas di Amerika Serikat, setelah sebagian besar dikembalikan ke China dalam beberapa tahun terakhir, sesuai dengan kontrak yang telah disepakati sebelumnya, termasuk tiga panda di Kebun Binatang Nasional yang kembali pada November lalu.

Ketidakhadiran pengganti panda dengan cepat dipandang sebagai simbol meningkatnya ketegangan antara Washington dan Beijing.

Sejak tahun 1972, China telah menggunakan strategi “diplomasi panda” dengan mengirimkan hewan tersebut ke Washington sebagai hadiah setelah kunjungan bersejarah Presiden AS Richard Nixon ke negara Komunis itu.

Presiden China, Xi Jinping, setelah pertemuan dengan Joe Biden di California pada November lalu, menyatakan bahwa China dapat mengirim panda baru sebagai “utusan persahabatan antara rakyat China dan Amerika Serikat.”

Pada bulan Agustus, Kebun Binatang San Diego juga menyambut dua panda raksasa baru, yang merupakan pengiriman pertama dari China ke AS dalam dua dekade.

Antusiasme masyarakat menjelang kedatangan panda di Washington sangat tinggi, dengan situs web Kebun Binatang Nasional dihiasi spanduk bertuliskan: “Panda akan datang.”

Persiapan di kebun binatang berlangsung dengan baik, di mana panda telah menjadi daya tarik utama selama bertahun-tahun.

Renovasi dilakukan di habitat panda “untuk meningkatkan keamanan fasilitas dan memaksimalkan ruang bagi beruang untuk bergerak,” seperti yang diinformasikan di situs web kebun binatang.

Fasilitas baru untuk panda mencakup kolam dangkal untuk mandi dan tegakan bambu yang mendorong panda meniru cara mencari makan yang biasa mereka lakukan di alam liar.

Namun, masyarakat umum tidak akan dapat melihat panda tersebut selama lebih dari sebulan setelah kedatangan mereka, karena panda harus menjalani karantina dan beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Selama perjalanan, makanan yang diberikan kepada panda termasuk rebung, wortel, dan roti jagung China, menurut pernyataan asosiasi konservasi.

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah