CIMB Niaga Jalin Kerja Sama dengan Batam Japan Club, Bahas Ekonomi dan Sistem Pensiun

Head of Region Sumatera CIMB Niaga Maya Sartika (ketiga kanan) bersama Team Head Japan Desk CIMB Niaga Nancy Novita Helen (kiri), Chief Economist Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA) Ir Fauziah Zen (kedua kanan), Associate Atsumi & Sakai Keisuke Miyanishi (kedua kiri), Representative Batam Japan Club Hideki Toda (ketiga kiri), dan Branch Manager CIMB Niaga Plaza Batamindo Ferdinan Loies Haslim (kanan) pada acara Ngobrolin Biznis (Ngobiz) di Wisma Batamindo, Batam, Rabu (16/10/2024). (Foto: Humas CIMB Niaga)

J5NEWSROOM.COM, Batam – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berkolaborasi dengan komunitas Batam Japan Club untuk meningkatkan hubungan dengan nasabah dan calon nasabah perusahaan-perusahaan Jepang yang beroperasi di Batam. Dalam acara bertajuk “Ngobrolin Biznis (Ngobiz)” di Wisma Batamindo, Rabu (16/10/2024), CIMB Niaga menggelar sesi diskusi mengenai prospek ekonomi Indonesia dan ASEAN, serta pembahasan mengenai upah minimum dan sistem pensiun bagi tenaga kerja di Indonesia.

Head of Region Sumatera CIMB Niaga, Maya Sartika, menjelaskan bahwa CIMB Niaga telah memiliki kapabilitas khusus dalam melayani kebutuhan perbankan korporasi maupun consumer banking untuk nasabah dari Jepang. “CIMB Niaga memiliki Japan Desk yang didedikasikan khusus untuk menangani nasabah dari perusahaan Jepang, termasuk yang berada di Batam, Jabodetabek, dan kota-kota lain,” ujar Maya.

Dukungan Layanan Menyeluruh bagi Perusahaan Jepang

Maya menambahkan, Batam merupakan salah satu kota dengan jumlah perusahaan Jepang terbanyak di Indonesia. “Sebagai bank yang memiliki kapabilitas layanan untuk perusahaan Jepang, CIMB Niaga siap memberikan layanan optimal untuk nasabah melalui produk dan layanan yang lengkap, didukung oleh jaringan luas, sehingga dapat menjadi solusi finansial terpadu bagi semua kebutuhan nasabah,” ujarnya.

Layanan yang ditawarkan CIMB Niaga meliputi berbagai produk untuk korporasi maupun individu, seperti layanan BizChannel@CIMB yang memudahkan transaksi bisnis melalui fitur lengkap, termasuk Cash Management, Trade Finance, hingga Value Chain. Perusahaan Jepang di Indonesia juga dapat memanfaatkan tabungan payroll, pembiayaan modal kerja, serta produk consumer banking seperti tabungan, kartu kredit, dan KPR.

Di Batam, CIMB Niaga memiliki enam kantor cabang yang didukung oleh 47 ATM/CRM. Jaringan ATM ini memungkinkan nasabah bertransaksi di seluruh jaringan ATM berlogo Mastercard, Cirrus, ATM Bersama, dan ATM Prima di Batam dan sekitarnya.

Komitmen CIMB Niaga terhadap Keberlanjutan

Selain terus berinovasi dari sisi produk dan layanan, CIMB Niaga berkomitmen untuk menjalankan praktik bisnis yang bertanggung jawab sesuai prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG). Pada semester I 2024, hampir 26% dari total pembiayaan CIMB Niaga, atau setara Rp56,4 triliun, dialokasikan untuk mendukung transisi ekonomi rendah karbon dan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG).

“Ini bukti komitmen kami untuk tidak hanya mengejar profit, tetapi juga berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan demi generasi mendatang,” jelas Maya.

Acara Ngobiz di Batam juga menjadi bagian dari rangkaian The Cooler Earth Sustainability Series 2024, yang bertujuan memobilisasi komitmen kolektif dalam membangun masyarakat yang lebih bertanggung jawab dan lingkungan yang lebih lestari.

Kinerja Positif Semester I 2024

Berbagai inisiatif CIMB Niaga, termasuk layanan kepada nasabah perusahaan Jepang di Batam, turut mendorong kinerja positif CIMB Niaga secara nasional. Pada semester I 2024, CIMB Niaga mencatat laba sebelum pajak konsolidasi sebesar Rp4,4 triliun, naik 5,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Kami berhasil menjaga kualitas aset dengan rasio kredit bermasalah (NPL) sebesar 2,1%, di bawah rata-rata industri. Kami optimistis dapat mencapai hasil positif di sisa tahun 2024,” ungkap Maya.

Total Dana Pihak Ketiga (DPK) CIMB Niaga juga naik menjadi Rp249,8 triliun, sementara kredit/pembiayaan tumbuh 5,9% menjadi Rp217,1 triliun, dengan kontribusi utama dari segmen Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Perbankan Konsumer.

Sebagai bagian dari komitmen sosial, CIMB Niaga juga bekerja sama dengan UNICEF dalam mendukung upaya pemerintah mengurangi masalah gizi buruk dan stunting di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur.

Editor: Agung