Panda China Tiba Kebun Binatang Nasional di Washington DC

Dua panda raksasa yang dikirim dari Pusat Penangkaran Panda Chengdu, China tiba di Kebun Binatang Nasional Smithsonian di Washington, DC, AS, Selasa 15 Oktober 2024.

J5NEWSROOM.COM, Washington DC – Sebelas bulan setelah kebun binatang nasional Washington, DC mengembalikan tiga panda populer—Mei Xiang, Tian Tian, dan anaknya Xiao Qi Ji—ke China, sepasang panda baru tiba di Amerika pada hari Selasa (15/10). Panda tersebut diangkut dari Bandara Internasional Dulles di pinggiran Virginia ke kebun binatang di ibu kota AS, Washington, DC.

Sepasang panda raksasa berusia tiga tahun ini bernama Bao Li dan Qing Bao, yang meninggalkan fasilitas penelitian di Dujiangyan, barat daya China, pada hari Senin dan diterbangkan ke Washington DC, menurut pernyataan dari Persatuan Pelestarian Margasatwa China.

“Makanan yang disiapkan untuk perjalanan ini meliputi roti jagung, bambu, dan wortel, serta air dan obat-obatan,” jelas pernyataan tersebut.

Dijelaskan juga bahwa kemitraan ini akan “memberikan kontribusi baru dalam melindungi keanekaragaman hayati dunia dan mempererat persahabatan antara kedua negara.”

Kedua panda tiba di Washington pada hari Selasa, namun kemungkinan akan menjalani masa karantina dan penyesuaian yang lebih lama sebelum diperkenalkan kepada publik. Pada malam Senin, situs kebun binatang mengumumkan bahwa seluruh fasilitas akan ditutup pada hari Selasa tanpa menjelaskan alasan. Artikel utama di situs itu tetap menyebutkan bahwa panda akan tiba sebelum akhir tahun.

Nama Bao Li, yang berarti “tenaga berharga,” dan Qing Bao, yang berarti “harta karun,” tiba di Washington sebagai bagian dari perjanjian baru selama 10 tahun dengan otoritas China. Kesepakatan sebelumnya berakhir tahun lalu, yang menimbulkan kekhawatiran di kalangan penggemar panda di Amerika bahwa Beijing mungkin menarik duta persahabatan berbulu ini dari kebun binatang Amerika, di tengah meningkatnya ketegangan diplomatik.

Pasangan panda dari kebun binatang Memphis dan San Diego juga kembali ke China lebih awal, sementara empat panda dari kebun binatang Atlanta pulang ke China pekan lalu.

Kekhawatiran ini berubah menjadi optimisme pada bulan November tahun lalu ketika Presiden China Xi Jinping secara terbuka menyatakan keinginannya untuk melanjutkan program pertukaran panda. Tahun ini, sepasang panda baru telah dikirim ke Kebun Binatang San Diego, sementara sepasang lainnya dijanjikan untuk San Francisco.

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah