Begini Cara Militer Israel Melacak dan Membunuh Pemimpin Hamas Yahya Sinwar?

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar di Gaza pada Rabu, 16 Oktober 2024. (Foto: REUTERS)

J5NEWSROOM.COM, Jakarta – Militer Israel melacak dan membunuh pemimpin Hamas Yahya Sinwar di Gaza pada Rabu, 16 Oktober 2024. Israel mengatakan kematian pria berusia 61 tahun itu adalah pukulan paling penting kepada Hamas sejak perang Gaza dimulai pada 7 Oktober 2023.

Yahya Sinwar dituduh sebagai dalang di balik serangan 7 Oktober tahun lalu di Israel. Militer Israel atau IDF menceritakan bagaimana pemimpin Hamas Yahya Sinwar terbunuh dalam baku tembak. Militer Israel melacak Sinwar setelah ia pergi dari rumah ke rumah dengan putus asa berusaha menghindari deteksi di Gaza selatan.

“Militer Israel mengkonfirmasi bahwa setelah pengejaran selama setahun, kemarin (Rabu), 16 Oktober 2024, tentara IDF (militer) dari Komando Selatan melenyapkan Yahya Sinwar, pemimpin organisasi teroris Hamas, dalam sebuah operasi di Jalur Gaza selatan,” kata IDF nya dalam sebuah pernyataan.

“Puluhan operasi yang dilakukan oleh IDF dan ISA (badan keamanan internal Shin Bet) selama setahun terakhir, dan dalam beberapa minggu terakhir di wilayah tempat ia disingkirkan, telah membatasi pergerakan operasional Yahya Sinwar karena ia dikejar oleh pasukan Israel dan menyebabkan ia disingkirkan,” tambahnya.

“Tentara IDF dari Brigade 828 (Bislach) yang beroperasi di daerah tersebut mengidentifikasi dan melenyapkan tiga teroris. Setelah menyelesaikan proses identifikasi jenazah, dapat dipastikan bahwa Yahya Sinwar telah dilenyapkan.”

Dalam pernyataan selanjutnya, juru bicara militer Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan Sinwar tewas setelah terlihat bersama dua pejuang lainnya di distrik Rafah di wilayah tersebut.

“Pasukan mengidentifikasi tiga teroris yang melarikan diri dari satu rumah ke rumah lainnya,” kata Hagari.

Pasukan terlibat dalam pertempuran dengan kelompok itu, memaksa Sinwar melarikan diri ketika kelompok itu bubar setelah ditembak.  

“Sinwar melarikan diri sendirian ke salah satu gedung dan pasukan kami memindai area tersebut dengan pesawat tanpa awak, yang dapat Anda lihat dalam film ini. Yahya Sinwar terluka tangannya dalam penembakan itu, yang dapat dilihat di sini ditutupi wajahnya, ia melemparkan dahan pohon ke arah pesawat tanpa awak tersebut,” kata Hagari.

Rekaman pesawat tanpa awak yang dirilis oleh militer menunjukkan Yahya Sinwar sendirian di sebuah apartemen yang meledak, dengan satu tangan terluka parah dan kepala ditutupi syal tradisional. Ia melemparkan tongkat ke arah pesawat tanpa awak yang mendekat pada saat-saat terakhirnya.

“Kami mengidentifikasi dia sebagai teroris di dalam sebuah gedung dan kami menembaki gedung itu dan kami masuk untuk memindai area tersebut. Kami menemukannya dengan pistol dan 40 ribu shekel. Dia sedang melarikan diri dan pasukan kami menghabisinya,” kata Hagari.  

“Di dekat teroris yang kami singkirkan tidak ada sandera dan pasukan kami kini sedang menyisir daerah tersebut,” imbuhnya.

Israel menuduh Sinwar sebagai dalang serangan 7 Oktober bersama dengan kepala militer Hamas Mohammed Deif. Militer Israel mengatakan Deif tewas dalam serangan awal tahun ini meskipun kelompok Palestina belum mengonfirmasinya.

Yahya Sinwar menggantikan mantan kepala Hamas Ismail Haniyeh, pada Agustus lalu. Haniyeh terbunuh di Iran pada 31 Juli. Israel belum mengomentari kematian Haniyeh.

Reaksi Warga Gaza tentang Yahya Sinwar: ‘Beginilah Cara Seorang Pahlawan Mati’

Bagi seorang ayah Gaza, kematian Yahya Sinwar dalam pertempuran ketika mencoba memukul mundur pesawat tak berawak dengan tongkat adalah “cara seorang pahlawan mati”. Bagi yang lain, ini adalah teladan bagi generasi mendatang, meskipun beberapa lainnya meratapi kerugian akibat perang  yang dipicunya dengan Israel.

Sinwar, arsitek serangan mematikan Hamas pada 7 Oktober 2023 terhadap Israel yang memicu konflik di Gaza, tewas pada Rabu, 17 Oktober 2024, dalam baku tembak dengan pasukan Israel setelah diburu selama satu tahun, dan kematiannya diumumkan pada Kamis.

Media Israel menggambarkannya sebagai orang yang mati “seperti anjing Gaza” dan banyak negara Barat mengatakan bahwa kematiannya mungkin telah menghilangkan rintangan utama untuk mencapai gencatan senjata.

Alih-alih membuat moral warga Palestina turun, video detik-detik kematiannya justru membuat rakyatnya bangga.

Video yang menunjukkan wajahnya ditutupi kafiyeh kecuali di bagian mata dan terluka parah di sebuah apartemen yang dihujani peluru saat mencoba melemparkan tongkat ke arah pesawat tak berawak yang merekamnya telah menginspirasi kebanggaan di kalangan warga Palestina.

“Dia meninggal dalam keadaan mengenakan rompi militer, bertempur dengan senapan dan granat, dan ketika dia terluka dan berdarah, dia bertempur dengan tongkat. Beginilah cara para pahlawan meninggal,” kata Adel Rajab, 60 tahun, seorang ayah dari dua anak di Gaza.

“Saya sudah menonton video itu 30 kali sejak semalam, tidak ada cara yang lebih baik untuk mati,” kata Ali, seorang sopir taksi berusia 30 tahun di Gaza.

“Saya akan menjadikan video ini sebagai tontonan harian untuk anak-anak saya dan cucu-cucu saya kelak,” ujar ayah dari dua orang anak ini.

Serangan yang direncanakan Sinwar terhadap komunitas Israel setahun yang lalu menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan 253 orang lainnya diseret kembali ke Gaza sebagai sandera, menurut perhitungan Israel.

Perang Israel selanjutnya telah menghancurkan Gaza, menewaskan lebih dari 42.000 warga Palestina, dengan 10.000 orang lainnya yang belum terhitung diperkirakan masih berada di bawah reruntuhan, kata otoritas kesehatan Gaza.

Kata-kata Sinwar sendiri dalam pidato-pidato sebelumnya, yang mengatakan bahwa ia lebih suka mati di tangan Israel daripada terkena serangan jantung atau kecelakaan mobil, telah berulang kali disebarkan oleh warga Palestina di dunia maya.

“Hadiah terbaik yang bisa diberikan oleh musuh dan penjajah kepada saya adalah membunuh saya dan saya pergi sebagai syuhada di tangan mereka,” katanya.

Alat Perekrutan yang Efektif

Sekarang beberapa orang Palestina bertanya-tanya apakah Israel akan menyesal telah mengizinkan pemenuhan keinginan tersebut disiarkan sebagai alat perekrutan potensial bagi sebuah organisasi yang telah disumpah untuk dihancurkan.

“Mereka mengatakan dia bersembunyi di dalam terowongan. Mereka mengatakan bahwa dia menahan para tahanan Israel di sampingnya untuk menyelamatkan nyawanya. Kemarin kami melihat dia memburu tentara Israel di Rafah, tempat penjajahan beroperasi sejak Mei,” kata Rasha, seorang ibu berusia 42 tahun yang mengungsi dengan empat orang anak.

“Beginilah cara para pemimpin pergi, dengan senapan di tangan. Saya mendukung Sinwar sebagai pemimpin dan hari ini saya bangga padanya sebagai seorang martir,” tambahnya.

Sebuah jajak pendapat pada September menunjukkan bahwa mayoritas warga Gaza menganggap serangan tersebut merupakan keputusan yang salah dan semakin banyak warga Palestina yang mempertanyakan kesediaan Sinwar untuk melancarkan perang yang telah menyebabkan banyak penderitaan bagi mereka.

Rajab, yang memuji kematian Sinwar sebagai tindakan heroik, mengatakan bahwa ia tidak mendukung serangan 7 Oktober, karena ia percaya bahwa Palestina tidak siap untuk berperang habis-habisan dengan Israel. Namun ia mengatakan bahwa cara kematiannya “membuat saya bangga sebagai orang Palestina”.

Baik di Gaza maupun Tepi Barat, di mana Hamas juga memiliki dukungan yang signifikan dan di mana pertempuran antara pasukan pendudukan Israel dan Palestina telah meningkat selama setahun terakhir, orang-orang bertanya-tanya apakah kematian Sinwar akan mempercepat berakhirnya perang.

Di Hebron, sebuah kota di Tepi Barat yang menjadi titik api, Ala’a Hashalmoon mengatakan bahwa membunuh Sinwar tidak akan membuat pemimpin yang lebih konsiliatif.

“Yang saya ketahui adalah bahwa siapa pun yang mati, ada seseorang yang menggantikannya yang lebih keras kepala,” katanya.

Dan di Ramallah, Murad Omar, 54 tahun, mengatakan tidak banyak yang akan berubah di lapangan. “Perang akan terus berlanjut dan tampaknya tidak akan segera berakhir,” katanya.

Sementara itu, Middle East Eye merekam beberapa komentar warga Gaza lainnya tentang kematian Yahya Sinwar.

Momen al Khaledy:

“Yahya Sinwar adalah orang yang layak dihormati. Dia keluar dari penjara, dan perlawanan ada dalam darahnya, membela rakyatnya ada dalam darahnya. Di mana Anda bisa menemukan pemimpin seperti Sinwar, yang meninggal dengan mengenakan seragamnya, memegang senjatanya? Yahya Sinwar telah tiada, tetapi seratus orang akan menggantikannya. Ini bukan perang pertama yang mereka lancarkan terhadap kami.”

Amal Arafat:

“Berita pembunuhan Sinwar sangat mengejutkan. Apakah perang akan berhenti setelah pembunuhan Sinwar? Mereka membunuh Haniyeh dan perang tidak berhenti. Semuanya sama saja. Sekarang, mereka telah membunuh sinwar dan saya yakin perang akan terus berlanjut.”

Awny Khattab:

“Sinwar sama seperti warga Palestina lainnya di Gaza atau di wilayah Palestina lainnya. Perang tidak akan berhenti dengan atau tanpa dia.”

Bilal Abu Samak:

“Perang ini bukan melawan satu orang di Hamas. Ini adalah genosida terhadap rakyat Palestina. Perang melawan seluruh rakyat, bukan hanya kelompok tertentu atau orang tertentu. Ini adalah perang yang sedang berlangsung melawan semua orang Palestina.

Samah al Nazli:

“Perlawanan akan terus berlanjut hingga kemenangan, insyaallah. Sinwar berada di terowongan yang mereka katakan sebagai perisai manusia. Yang terjadi kebalikannya. Dia mati dengan memegang senjatanya. Insyaallah, kemenangan sudah dekat.

Sumber: Tempo.co
Editor: Agung