Jepang Dilaporkan akan Gelar Pemilu Dadakan pada 27 Oktober 

Shigeru Ishiba, pemimpin baru Partai Demokrat Liberal Jepang (LDP), menggelar konferensi pers di Tokyo, pada 27 September 2024. (Foto: Kim Kyung-Hoon/Pool via AP)

J5NEWSROOM.COM, Perdana Menteri Jepang yang akan datang, Shigeru Ishiba, berencana untuk mengadakan pemilu mendadak pada akhir Oktober, menurut laporan beberapa media pada Senin (30/9).

Ishiba, yang berusia 67 tahun, berhasil meraih kursi kepemimpinan partai pemerintah, Partai Demokrat Liberal (LDP), pada Jumat (27/9), dan diperkirakan akan dilantik sebagai perdana menteri pada hari Selasa (1/10).

Ishiba tengah menyelesaikan rencana untuk membubarkan parlemen pada tanggal 9 Oktober menjelang pemilu yang dijadwalkan pada tanggal 27 Oktober, sebagaimana dilaporkan oleh empat surat kabar nasional utama dan media lainnya, tanpa mencantumkan sumber.

Pada hari Jumat, Ishiba menyatakan keinginannya untuk segera mengadakan pemilu guna memperkuat mandatnya, tetapi ia menolak untuk menyebutkan kapan waktu yang tepat.

Mantan Menteri Pertahanan tersebut menggantikan Fumio Kishida sebagai ketua LDP, yang telah memerintah Jepang hampir tanpa henti selama puluhan tahun.

Kishida, yang kurang disukai, mengundurkan diri setelah skandal dana gelap partai yang merusak reputasinya, yang semakin meningkatkan ketidakpopulerannya di kalangan pemilih yang marah akibat kenaikan harga yang terjadi.

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah