Pemda dan Relawan Siap Sambut Jokowi Pulang

Massa pendukung pemerintah membentangkan poster bertuliskan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, dua hari menjelang pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto, Jumat, 18 Oktober 2024. (Foto: Yasuyoshi Chiba/AFP)

J5NEWSROOM.COM, Solo – “Pulang,” ujar Presiden Joko Widodo saat menjawab beberapa pertanyaan wartawan setelah menyelesaikan kunjungan kerja terakhirnya ke Medan dan Tapanuli Utara pada Kamis (17/10) lalu.

Setiba di Jakarta, Jokowi dan Ibu Negara Iriana menanam pohon Pulai (Alstonia scholaris) dan pohon Flamboyan (Delonix regia) di halaman tengah Istana Kepresidenan. Pohon Pulai melambangkan ketahanan dan kekuatan, sedangkan pohon Flamboyan merepresentasikan kecantikan dan harapan.

Sekretaris Negara menyatakan dalam siaran pers bahwa kegiatan ini bukan sekadar seremoni, tetapi sebagai pengingat akan dedikasi dan kepedulian terhadap bumi yang akan terus berlanjut, bahkan setelah masa jabatan berakhir.

Jokowi akan purna tugas pada Minggu (20/10) setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Setelah itu, ia akan pulang ke Solo.

Juru bicara Pemerintah Kota Solo, Sulistiarini, menjelaskan bahwa serangkaian acara tradisi akan menyambut kepulangan Jokowi. Ia akan didampingi oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Di kediaman, acara penyambutan akan berlangsung sederhana dengan kata sambutan penyerahan dan acara pasrah panampi, yang merupakan tradisi Jawa.

Sementara itu, Pemkot Solo menyiapkan sejumlah acara untuk menyambut Jokowi. Di sepanjang jalan, akan ada atraksi tarian dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, pertunjukan Marching Band, serta berbagai pertunjukan seni.

Puluhan ribu siswa, pegawai negeri, pensiunan, dan relawan akan berbaris di sepanjang jalur dari gerbang Kota Solo menuju kediaman Jokowi di Sumber, Banjarsari, dengan Gedung Graha Sabha menjadi lokasi acara utama.

Pengamanan juga akan dilakukan oleh ratusan personel Polresta Solo. Kapolresta Kombes Iwan Saktiadi menjelaskan bahwa pengamanan akan mengikuti ketentuan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) untuk mengantisipasi kerumunan massa di sepanjang jalur kedatangan. Berbagai spanduk dan baliho berisi ucapan terima kasih dan selamat datang telah menghiasi Kota Solo menjelang kepulangan Jokowi.

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah