Anis Matta Dilantik Sebagai Wamenlu, Segera Lanjutkan Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta (kiri) bersama dengan Ketua Partai Gelora Indonesia Provinsi Kepri, Ustadz Abdurrahman. (Foto: Humas Partai Gelora)

J5NEWSROOM.COM, Jakarta – Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Anis Matta, resmi dilantik sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) di Kabinet Merah Putih. Pelantikan dilakukan oleh Presiden Prabowo Subianto di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Selain Anis Matta, Presiden juga melantik dua Wakil Menteri Luar Negeri lainnya, yakni Arrmanatha Nasir dan Arif Havas Oegroseno. Posisi Menteri Luar Negeri dijabat oleh Sugiono.

Setelah dilantik, Anis Matta yang diberi tanggung jawab khusus menangani Urusan Dunia Islam, menegaskan sikap Indonesia yang mendukung penuh kemerdekaan Palestina. Hal ini sejalan dengan komitmen yang telah disampaikan oleh Presiden Prabowo dalam pidatonya sebelumnya. “Presiden telah menyatakan bahwa isu Palestina akan menjadi prioritas utama dalam diplomasi Indonesia di dunia Islam,” ujar Anis dalam keterangannya, Selasa (22/10/2024).

Anis menambahkan bahwa dukungan terhadap Palestina bukan hanya bagian dari diplomasi politik, tetapi juga merupakan amanat konstitusi Indonesia. Menurutnya, Indonesia akan menggunakan segala upaya, baik melalui jalur diplomasi maupun bantuan kemanusiaan, untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

BACA JUGA: Ustadz Abdul Rahman Fokus Majukan Keagamaan dan Sosial di Kepri

“Perang di Palestina telah berlangsung lebih dari satu tahun. Kita memiliki amanat konstitusi untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Semua upaya, baik diplomasi politik maupun kemanusiaan, akan kami lakukan untuk membantu tercapainya kemerdekaan Palestina,” tegasnya.

Meskipun fokus utama Anis Matta adalah isu Palestina, ia menekankan bahwa permasalahan di dunia Islam tidak hanya terbatas pada Palestina. Ia percaya bahwa hasil akhir dari konflik Palestina-Israel akan menjadi titik perubahan besar dalam konstelasi politik global, tidak hanya di Timur Tengah. “Menurut saya, perang Palestina akan menjadi game changer yang mengubah konstelasi global, bukan hanya di Timur Tengah,” katanya.

Anis juga menyebutkan bahwa dirinya akan fokus pada diplomasi di kawasan Timur Tengah, dengan Palestina dan Israel menjadi salah satu prioritas utamanya. Namun, rincian tugasnya sebagai Wamenlu Urusan Dunia Islam masih menunggu arahan lebih lanjut dari Presiden Prabowo. “Pembagian tugas di antara para wakil menteri masih belum final, meski sejak awal saya telah diarahkan untuk fokus pada dunia Islam,” tuturnya.

BACA JUGA: Komandan Komunikasi Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran Beri Tugas Khusus Agus Purwanto di Kepri

Pelantikan para Wakil Menteri dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 73/M/Tahun 2024 tentang Pengangkatan Wakil Menteri Kabinet Merah Putih Periode 2024-2029. Presiden Prabowo Subianto memimpin langsung pengucapan sumpah jabatan, yang diikuti oleh para wakil menteri lainnya.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Prabowo, diikuti oleh para wakil menteri yang dilantik.

Editor: Agung