15 Rahasia yang Diketahui Orang Sukses Tentang Manajemen Waktu

Buku karya Kevin Kruse. (Foto: Amazon.com)

Oleh Satrio Arismunandar

Judul Buku: 15 Secrets Successful People Know About Time Management. Pengarang: Kevin Kruse.
Penerbit: The Kruse Group (2015).

Pernahkah Anda berharap memiliki waktu ekstra dalam sehari untuk membaca, berolahraga, atau menghabiskan waktu bersama orang yang Anda cintai? Anda pasti bisa! Tapi pertama-tama, Anda harus memahami nilai waktu.

Itulah mengapa memahami bahwa waktu adalah aset Anda yang paling berharga dan bahwa Anda tidak akan pernah bisa mendapatkannya kembali adalah kunci pertama dari manajemen waktu.

Memecah sumber daya yang berharga ini adalah pendekatan yang sangat baik untuk melacaknya. Sehari, misalnya, memiliki 1.440 menit, yang masing-masing harus digunakan dengan hati-hati.

Penulis menempelkan poster “1.440” di pintu kantornya untuk mengingatkan dirinya akan statistik ini. Itu mengingatkannya bahwa setiap hari terbatas. Tapi mengapa menit digunakan? Mengapa tidak mempertimbangkan 86.400 detik yang disediakan setiap hari?

Ada beberapa aktivitas sehari-hari yang bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari satu menit, seperti sit-up 30 kali, membaca puisi, atau menyiram tanaman. Karena itu, menit sangat penting untuk melacak waktu Anda.

Sekarang setelah Anda memahami pentingnya waktu, saatnya untuk mulai memprioritaskannya. Rahasia kedua adalah mengidentifikasi dan memprioritaskan tugas terpenting Anda, yang juga dikenal sebagai MIT Anda.

Ini adalah tugas tunggal yang akan memiliki dampak paling signifikan pada kehidupan atau karier Anda.

Ambil contoh, Therese Macan, seorang profesor Universitas Missouri-St Louis. Dia menemukan bahwa kemampuan untuk memprioritaskan adalah salah satu faktor produktivitas yang paling penting. Akibatnya, menemukan MIT sangat penting untuk manajemen waktu.

Misalnya, jika seorang eksekutif senior ingin membuat aplikasi baru, MIT-nya mungkin akan merekrut programmer baru. MIT juga dapat digunakan oleh CEO pemula untuk membuat presentasi yang fantastis untuk mengamankan investasi besar. Menurut penelitian, memiliki MIT setiap hari, apa pun itu, mengarah pada peningkatan kebahagiaan dan peningkatan perhatian.

Tukar daftar tugas Anda dengan kalender untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan sambil mengurangi stres. Banyak orang terbebani oleh daftar tugas yang tampaknya tak ada habisnya. Pertimbangkan milik Anda sendiri.

Berapa banyak tugas yang menumpuk selama berminggu-minggu, menyebabkan Anda stres yang tidak perlu? Kemungkinan besar Anda memiliki beberapa aktivitas ini, dan cara terbaik untuk mengelolanya adalah dengan menggunakan kalender kuno.

Di sinilah trik ketiga masuk: untuk menghilangkan stres hari Anda, letakkan daftar tugas Anda dan sesuaikan jadwal Anda.

Menurut penelitian, rata-rata 41% item dalam daftar tugas tidak pernah diselesaikan. Salah satu alasan untuk angka yang mengejutkan ini adalah bahwa sebagian besar daftar tugas tidak menyertakan notasi yang menunjukkan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya.

1