ILUNI Menwa UI Gelar Latihan Menembak Bersama Selebriti

Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia (ILUNI Menwa UI) usai berlatih menembak bersama di Lapangan Tembak 9505, Jatiwaringin, Bekasi. (Foto: Ist)

J5NEWSROOM.COM, Jakarta – Suara letusan pistol memecah keheningan siang itu. Suara yang nyaris jarang kita dengar di tempat umum. Melesat deras dari moncong senjata pistol menuju sasaran tembak. Suara letusan pistol itu ternyata berasal dari kumpulan orang yang sedang melakukan aktivitas latihan menembak.

Dua minggu yang lalu, memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-77, tepatnya hari Minggu, 14 Agustus 2022, rekan-rekan Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia (ILUNI Menwa UI) yang hobi olahraga menembak berlatih bersama. Mereka melakukan latihan dan silahturahmi akbar di Lapangan Tembak 9505, Jatiwaringin, Bekasi.

Rekan-rekan ILUNI Menwa UI melepas penat usai bekerja 5 hari dalam seminggu dengan berolah raga menembak. Dengan berolah raga latihan menembak ini, kondisi tubuh menjadi segar kembali esok harinya.

Untuk diketahui, menembak adalah olah raga yang membutuhkan kecermatan, ketekunan dan kontrol emosi yang baik. Dari segi keamanan, senjata menjadi sangat berbahaya di tangan seorang yang tidak terlatih.

Namun, akan menjadi alat olah raga yang sangat aman di tangan orang yang terlatih. Olah raga menembak sendiri merupakan olah raga yang jumlah kecelakaannya paling kecil dan sedikit membuat cidera.

Seorang penembak harus mempunyai disiplin yang tinggi dalam menggunakan senjata, memegang, memelihara bahkan menyimpan senjata. Dalam menembak, harus selalu menggunakan kaca mata dan pelindung telinga.

Posisi badan juga harus diperhatikan, posisi kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Tempatkan telunjuk di luar dari pelatuk.

penyanyi cantik terkenal berkat lagu “Cintaku Padamu” dan lagu “Sanggupkah Aku”, Ita Purnamasari (jaket kuning) ternyata jago menembak. (Foto: Ist)

Salah satu peserta latihan menembak yang juga anggota ILUNI Menwa UI, Ahmad Akbar mengatakan, dirinya sangat senang mengikuti kegiatan ini. “Senang sekali dengan adanya kegiatan ini. Rasanya sangat berkesan,” ujarnya, kepada awak redaksi J5NEWSROOM.COM usai berlatih menembak.

Akbar, panggilan akrabnya, mengatakan, kestabilan dan posisi tangan dalam memegang senjata adalah kunci keakuratan dalam menembak. “Tangan kanan sekaligus penarik pelatuk tidak diberikan beban dalam menyangga senjata dan dalam keadaan tidak tegang,” tambah alumni UI dari tiga fakultas itu (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya/FIB), Fakultas Ilmu Sosial Politik/FISIP dan Fakultas Hukum/FH).

Selanjutnya, lanjut Ahmad Akbar, dalam menembak, tangan kiri, menggenggam erat tangan kanan. “Sehingga, senjata tercengkeram dengan kuat. Jempol kiri dan jempol kanan bersandingan dibagian kiri senjata untuk menopang sentakan senjata ke arah samping sehingga senjata tidak melenceng atau bahkan terlempar dari genggaman ketika memuntahkan peluru,” tandas entrepreneur dan pemilik kantor hukum terkenal, Trinity Forma & Partners Law Office itu.

Dari pantauan redaksi, olah raga menembak ini memang bukan hanya untuk kaum Adam. Banyak yang menyangka bahwa olah raga menembak ini hanya cocok untuk laki-laki.

Jika Anda berpandangan demikian, maka untuk saat ini buanglah pandangan tersebut. Hal itu dikarenakan olah raga menembak tidak hanya untuk laki-laki.

Dalam menembak kali ini, penyanyi cantik terkenal berkat lagu “Cintaku Padamu” dan lagu “Sanggupkah Aku”, Ita Purnamasari, S.H. pun telah bergabung dalam latihan menembak ini.

Tidak hanya anggun ketika difoto, akurasi menembak dengan baik menggunakan senjata pistol yang dilakukan Ita tidak dapat dianggap remeh.

Dengan kehadiran Ita Purnamasari, acara menembak menjadi lebih menyenangkan dan menghibur, apalagi Ita dengan senang hati berfoto dengan siapa pun yang ikut berlatih saat itu.

Bahkan, poin yang diperoleh istri musisi terkenal Dwiki Dharmawan itu lebih tinggi dibandingkan beberapa rekan-rekan lainnya yang laki-laki. Para peserta latihan menembak dari kaum hawa lainnya pun tidak kalah “garang” dari kaum pria.

Latgab Menembak Lanjutan dengan Perti Lainnya

Panitia Kegiatan “ILUNI Menwa UI Menembak”, David Chandrawan, S.T., M.M. mengatakan, masih ada kegiatan selanjutnya untuk yang belum dapat bergabung dalam sesi latihan kemarin.

“Untuk pecinta olah raga menembak yang lain, yang dalam kesempatan kali ini belum bergabung dengan Latihan Menembak Bersama ILUNI Menwa UI, maka masih ada waktu. Tak ada kata terlambat untuk bergabung,” ujar David.

David yang juga pengurus ILUNI Menwa UI dan merupakan manager perbankan di PT. Bank Central Asia Tbk (BCA) ini menjelaskan, akan ada kegiatan Latihan Gabungan Menembak bersama dari institusi alumni menwa perguruan tinggi (Perti) lainnya. “Yakni Perti Universitas Indonesia (UI), ITB, UGM, ITS, UNDIP, Politeknik Negri Jakarta (PNJ), Swiss German University (SGU),” sebutnya.

Inisiator kegiatan latihan menembak ILUNI Menwa UI ini menerangkan, acara itu akan digelar Minggu (28/8/2022). “Latihan gabungan menembak lanjutan dengan perti lainnya akan diadakan yang diselenggarakan pada hari Minggu, 28 Agustus 2022 di Jakarta Shooting Club (JSC) Kodam Jaya masih dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-77,” paparnya.          

Jadi, siapa takut menembak? “Buruan gabung bersama ILUNI Menwa UI dalam latihan menembak berikutnya di Jakarta Shooting Club (JSC) Kodam Jaya. Dor, Dor, Dor,” seru David seraya mengajak rekan-rekan alumni menwa lainnya untuk ikut bergabung.

Editor: Saibansah