Mengenang Sosok Wartawan-Dalang Cerdik, H. Margiono

H. Margiono (ketiga dari kanan) saat bersilaturrahmi dengan Gubernur Kepri, H. Muhammad Sani, Ketua PWI Pusat, Atal S Depari (keempat dari kiri) dan Pemimpin Redaksi Majalah Siber Indonesia, J5NEWSROOM.COM, Saibansah Dardani (ketiga dari kiri). (Foto: Dok. J5NEWSROOM.COM)

Lalu, hal lain yang saya kenang dari H Margiono adalah, gayanya dalam memimpin rapat. Santai, terarah, fokus, solutif tidak bertele-tele. Langsung menghasilkan solusi dan keputusan yang disepakati para peserta rapat. Itulah yang saya saksikan dalam beberapa kali kesempatan.

Salah satunya, saat H Margiono memimpin rapat bersama dengan almarhum H. Muhammad Sani, Gubernur Provinsi Kepri, tahun 2014 di ruang rapat Kantor PWI Pusat. Saat itu, agenda pembahasannya adalah mengenai pelaksanaan HPN di Provinsi Kepri. Saat itu, H Margiono memberikan solusi-solusi dari sejumlah persoalan yang dibahas.

Solusinya itulah yang kemudian menjadi panduan seluruh rangkain HPN di Provinsi Kepri yang sukses. Begitulah menurut penilaian teman-teman wartawan dari bebagai provinsi di Indonesia. Setidaknya, selama 10 tahun terakhir ini, saya belum melihat ada rangkaian HPN yang salah satu agendanya adalah melakukan kunjungan media ke luar negeri. Hanya di HPN Provinsi Kepri-lah itu terjadi, ke Singapura.

Dari H Margiono saya belajar bagaimana memimpin sebuah organisasi profesi wartawan. Sebuah profesi intlektual yang pola interaksi dan komunikasinya unik. Salah salah mengelola akan berujung pada kondisi yang kontraproduktif. H Margiono berhasil melakukan itu.

Buktinya, selama 10 tahun memimpin PWI Pusat, H Margiono berhasil melakukan terobosan dan kebijakan penting. Mulai dari pemberian pers card number one untuk para wartawan senior yang telah mendedikasikan sebagian besar hidupnya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui jurnalistik. Melakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di seluruh Indonesia. Dan masih banyak lagi
kebijakan strategis sebagai warisannya.

Sayang, saya tidak memiliki kesempatan bertemu lagi dengan almarhum sebelum HPN 2022 di Kendari Sulawesi Tenggara. Pertemuan terakhir saya dengan H Margiono, sebelum pandemi Covid-19 memporak-porandakan pola interaksi umat manusia di seluruh dunia. Termasuk, interaksi saya dengan almarhum.

Selamat jalan Mas Margiono. Saya berdoa semoga Allah SWT menempatkanmu di tempat yang mulia.*

Sekretaris PWI Kepulauan Riau (2009-2018)
Pemimpin Redaksi Majalah Siber Indonesia, J5NEWSROOM.COM

2