Terima Audensi Pengurus DPC Gekrafs Batam, Walikota Rudi Komit Dukung Pengembangan Ekonomi Kreatif

Ketua Gekrafs Batam Susanna (kedua dari kiri) bersama pengurus saat bertemu dengan Walikota Batam H. Muhammad Rudi. (Foto: DPC Gekrafs Batam)

LAPORAN: Alia Safira

J5NEWSROOM.COM, Batam – Walikota Batam, H. Muhammad Rudi, mendukung upaya pengembangan ekonomi kreatif yang digerakkan oleh Gekrafs Batam. Hal ini disampaikannya pada pertemuan dengan pengurus DPC Gekrafs Batam di Gedung Pemko Batam, Senin (1/4/2023) siang.

“Pemko Batam tentu mendukung gerakan ini karena dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, membuka lapangan kerja baru dan berdampak positif bagi pariwisata, sehingga sejalan dengan pembangunan Kota Batam menuju Batam Kota Baru,” ujar Walikota Batam, H. Muhammad Rudi.

Sementara itu, Ketua Gekrafs Batam Susanna mengungkapkan, DPC Gekrafs Kota Batam berencana akan meluncurkan Batam Creative Incubator (BCI) pada hari Rabu, 3 April 2023 di Kawasan Bazaar Ramadhan Nagoya Thamrin City yang disertai dengan acara buka bersama Gekrafs Batam.

BCI adalah program inkubasi bisnis kreatif di kota Batam. Program ini akan melibatkan pemerintah, akademisi, praktisi, lembaga keuangan dan organisasi serta stakeholder terkait lainnya.

“Kami berharap melalui program BCI ini, maka usaha mikro bisa naik level atau scale up. Meningkatnya kapasitas SDM para pelaku ekraf, memperluas jaringan bisnis, mendapatkan kemudahan akses permodalan, dan memotivasi masyarakat untuk mulai memberi perhatian terhadap UMKM dan potensi industri kreatif lokal Batam. Hal ini tentu saja dapat membuka lapangan kerja baru,” papar Susanna kepada J5NEWSROOM.COM seusai bertemu Walikota Batam.

Walikota Batam H. Muhammad Rudi saat menerika audiensi pengurus DPC Gekrafs Batam. (Foto: DPC Gekrafs Batam)

Susanna menambahkan, Gekrafs tidak ingin kolaborasi dan kemitraan yang dibangun dengan stakeholder hanya sebatas event jangka pendek.

“Kami sudah banyak sekali terlibat dengan kegiatan jangka pendek seperti bazar, pameran, pertunjukan dan perlombaan. Tapi kalau gini terus kita malah hanya sebatas ikut mensukseskan kegiatan ataupun sebagai EO. Tentu kami juga ingin kehadiran Gekrafs dapat memberikan kontribusi jangka panjang bagi masyarakat Kota Batam, khususnya sektor ekonomi kreatif,” tambah Susan, sapaan akrab Ketua Gekrafs Batam itu.

Peluncuran program ini sebagai tahapan awal yaitu tahap sosialisasi dan pendaftaran peserta inkubasi bisnis kreatif selama April 2023. Proses seleksi akan diselenggarakan pada Mei-Juni 2023. Sedangkan program akan berjalan pada bulan Juli-Oktober 2023, yang ditutup dengan Batam Creative Festival pada tanggal 24 Oktober 2023. Informasi program dapat dilihat pada akun instagram @gekrafsbatam.

Editor: Saibansah