Jaring Atlet PON 2024, BIN Kepri Gelar Turnamen E-Sport Kabinda Cup 1.0

Kabinda Kepri Brigjen TNI Bonar Panjaitan saat membuka turnamen  E-Sport Kabinda Kepri Cup 1.0. (Foto: Aldy/BTD)

J5NEWSROOM.COM, Batam – Untuk menjaring atlet profesional untuk bertanding di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh dan Sumatera Utara, Binda (Badan Intelijen Negara Daerah) Kepri menggelar turnamen E-Sport Kabinda Cup 1.0.

Secara nasional, Kabinda Cup 1.0 merupakan turnamen E-Sport pertama yang digelar di Indonesia. Turnamen tersebut diselenggarakan secara offline pasca pandemi Covid-19 dinyatakan telah berakhir oleh pemerintah, di One Batam Mall mulai Jumat 7-9 Juli 2023.

Demikian ungkap Kabinda Kepri Brigjen TNI Bonar Panjaitan saat membuka turnamen yang disambut antusias luar biasa di Batam itu. “Turnamen ini bertujuan menjaring atlet-atlet muda berbakat asal Provinsi Kepri pada cabang olahraga e-sports,” ujar Bonar Panjaitan, Sabtu (8/7/2023).

Melalui turnamen Kabinda Cup 1.0, lanjut Kabinda Kepri, diharapkan akan ada atlet perwakilan Provinsi Kepri yang maju pada ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera pada November 2023 di Pekanbaru Provinsi Riau, serta PON XXI 2024 di Aceh-Sumatera Utara mendatang.

“Kami harap lahir atlet profesional untuk bisa mengharumkan nama kepri diajang yang lebih tinggi, hingga ke tingkat Internasional,” harap Kabinda Kepri.

Sementara, KBO Binda Kepri Letkol Infanteri Friandho Karim menambahkan, turnamen E-spot ini untuk menjaring atlet berprestasi dan mencari bibit baru dalam mengembangkan olahraga ini. “Kita harap pada final besok lahir atlet baru dari dari generasi Z di Kepri. Selamat untuk semua peserta. Junjung sportifitas raih prestasi hingga ke tingkat internasional,” ujar Letkol Friandho.

Di tempat yang sama, Ketua KONI Provinsi Kepri Usep RS mengatakan, khusus Espot hanya diperuntukan pada 8 Provinsi yang tanpa seleksi. Sebanyak 24 provinsi lainya akan bersaing untuk memperebutkan tiket di Porwil Pekanbaru lalu berlaga pada PON di Aceh dan Sumatera Utara pada 2024 mendatang.

“Semoga medali emas kembali bisa diraih di tingkat internasional seperti Atlet Kepri sebelumnya yang meraih emas pada Asean game,” harap Usep.

Kemudian, Panitia Penyelenggara E-Sport Kabinda Cup 2023, Kadira menyampaikan ada 4 jenis cabang yang dipertimbangkan, Mobile legend, PUBG, e-football dan Free Fire. “Total lebih dari 1000 peserta di semua kategori. Total hadiah Rp 35 juta, pada turnamen kali ini, pendaftaran gratis, dan didukung sepenuhnya oleh Kabinda Kepri,” ungkap Kadira.

Editor: Saibansah