Bahanakan Cinta, Bangga dan Paham Rupiah, BI Kepri Pecahkan Dua Rekor MURI

Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepri memecahkan dua rekor MURI, yaitu: “Edukasi Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah di Pulau Terbanyak” dan “Replika Dapur Arang dari Rangkaian Luti Gendang Terbanyak”. (Foto: Humas BI Kepri)

J5NEWSROOM.COM, Batam – Sempena peringatan dirgahayu kemerdekaan RI ke-78, Bank Indonesia (BI) Kepri menumbuhkan nasionalisme dan semangat kebangsaan masyarakat, serta menjaga kedaulatan NKRI melalui mata uang Rupiah.

Hal tersebut dilakukan melalui penyelenggaraan kegiatan ‘Bahanakan Cinta, Bangga, Paham Rupiah’ di Kepri (Bahari Kepri) 2023 yang bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat terhadap uang Rupiah, di Pondok Pesantren An Ni’mah, Kampung Tua Dapur 12, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Jumat (25/8/2023).

Penyelenggaraan Bahari Kepri 2023 tersebut berhasil memecahkan dua rekor MURI (Museum Rekor Indonesia), yaitu: “Edukasi Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah di Pulau Terbanyak” dan “Replika Dapur Arang dari Rangkaian Luti Gendang Terbanyak”.

Pemecahan rekor “Edukasi CBP Rupiah di Pulau Terbanyak” menunjukkan konsistensi Bank Indonesia Kepri dalam mengedukasi masyarakat agar lebih memahami uang Rupiah. Bersinergi dengan Dinas Pendidikan baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, edukasi diselenggarakan secara serentak dan disiarkan dari 120 titik lokasi sekolah di tujuh kabupaten/kota se-Kepri.

Edukasi yang dilaksanakan pada hari dan jam yang sama tersebut, ditujukan kepada pelajar tingkat SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB sederajat, termasuk kepada masyarakat sekitar lingkungan Pondok Pesantren An Ni’mah Dapur 12 Batam.

Sebagai narasumber, Bank Indonesia Kepri melibatkan guru sekolah dari masing-masing kabupaten/kota yang sebelumnya telah menerima Training of Trainers (ToT) dari Bank Indonesia.

Para santri dan santriwati Pondok Pesantren An Ni’mah Kampung Tua Dapur 12, Kecamatan Sagulung Batam saat mengikuti sosialiasi dan edukasi ‘Cinta, Bangga dan Paham Rupiah’. (Foto: Humas BI Kepri)

Melalui edukasi tersebut, masyarakat diharapkan dapat mengenal Rupiah tidak hanya terbatas sebagai alat pembayaran, namun juga sebagai simbol identitas dan kedaulatan negara yang memuat perjalanan sejarah, keragaman budaya, serta kekayaan bangsa.

Sejalan dengan semangat untuk meningkatkan kebanggaan terhadap budaya tanah air, Bank Indonesia Kepri berupaya kembali memperkenalkan dapur arang kepada masyarakat melalui pemecahan rekor MURI “Replika Dapur Arang dari Rangkaian Luti Gendang Terbanyak”.

Tercatat sejumlah 6.666 luti gendang dirangkai menjadi replika bangunan dapur arang. Sebagai informasi, dapur arang adalah bangunan bersejarah di Kota Batam yang dahulu dimanfaatkan masyarakat untuk memproduksi arang untuk kemudian diekspor ke Singapura.

Melalui pemecahan rekor tersebut, Bank Indonesia Kepri berharap sejarah terkait aktivitas ekonomi masyarakat Kota Batam dapat terlestarikan dengan baik. Selain itu, pemilihan luti gendang sebagai bahan untuk menyusun replika dapur arang diharapkan dapat mempromosikan produk kuliner khas Kepri ke tingkat nasional.

Prosesi pemecahan kedua rekor MURI dibuka oleh Walikota Batam dalam hal ini yang diwakilkan oleh Sekda Kota Batam, Jefridin dan Kepala BI Kepri, Suryono serta dimeriahkan dengan pembuatan mural sejarah uang dan sejarah dapur arang.

Bank Indonesia Kepri juga meresmikan Kampung Tua Dapur 12 sebagai Kampung Cinta Bangga Paham Rupiah dan memfasilitasi penukaran uang lusuh secara periodik kepada masyarakat sekitar yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

Hal ini sebagai bentuk komitmen Bank Indonesia Kepri untuk menyediakan uang layak edar dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai kepada seluruh masyarakat. Sinergi dengan pemerintah daerah dan berbagai pihak akan terus diperkuat untuk menambah rasa Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah di masyarakat.

Editor: Agung