Akhirnya, Megawati Pilih Mahfud MD Jadi Pendamping Ganjar Pranowo

Ketua Umum PDIP Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, saat mengumumkan Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden 2024 mendampingi Ganjar Pranowo. (Foto: RMOL)

J5NEWSROOM.COM, Jakarta – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mantap memilih Menko Polhukam Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Megawati pun menuturkan alasannya memilih Mahfud MD. Salah satunya karena Megawati tidak asing dengan Mahfud MD.

“Beliau sosok yang saya sendiri tidak asing, karena beliau pernah menjadi anggota Dewan Pembina di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, jadi saya sangat bisa mengerti dari cara berpikir, jalan pikirannya, dan ketika beliau dipilih untuk menjadi Menko Polhukam,” kata Megawati di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Megawati sempat melontarkan guyon kepada Mahfud MD tentang derajat dirinya yang turun dari Presiden menjadi Ketua Dewan Pembina Ideologi Pancasila, dan meminta Mahfud mengingat jasa pemerintahan Jokowi yang memberikan jabatan tinggi kepadanya.

“Tapi bilang pada beliau gapapa karena itu ideologi Pancasila. Tapi Bapak langsung meroket menjadi anggota kabinet, jadi tolong ingat bapak,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Megawati, Mahfud juga merupakan sosok intelektual dan pengetahuannya tentang hukum sangat tinggi.

“Cocok, sangat penuh dengan pengalaman dan pengetahuan. Sosok dengan pengalaman lengkap di lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Lalu Prof Mahfud juga dikenal rakyat sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik. Saya bilang sama beliau, ‘ya hukum ini jangan terus semuanya pada bungkam’,” tuturnya.

“Ya untuk apa ada aturan hukum, kalau semuanya pada diam. Ayo pak kita ngomong pak,” tutupnya

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mengaku baru kali ini dirinya bersedia saat diminta menjadi calon wakil presiden.

Hal ini seolah menyiratkan bahwa Mahfud sempat mendapat tawaran dari capres lain tapi baru kali ini menjawab kesediaannya menjadi cawapres.

“Inilah yang pertama kali saya menyatakan bersedia menjadi calon wakil presiden Republik Indonesia, karena amanah yang sudah diberikan oleh Ibu Megawati tadi bersama para pimpinan partai disaksikan oleh kita semua,” kata Mahfud ketika memberikan sambutan di Gedung DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

“Bagi yang selama ini menunda untuk menentukan pilihan karena menunggu kepastian dari saya, maka saat ini saya menyatakan saya bersedia untuk ikut kontestasi,” imbuhnya.

Mahfud mengaku akan mendedikasikan dirinya bersama Ganjar Pranowo dan memberikan seluruh kemampuan yang dimiliki untuk membangun bangsa.

“Bersama Mas Ganjar saya akan mendedikasikan diri, semua kemampuan saya, ilmu saya, pengalaman saya, ketegasan dan keteguhan sikap saya, serta keberanian-keberanian yang selama ini saya usahakan untuk selalu ditunjukkan kepada bangsa dan negara Indonesia,” tuturnya.

Dia pun menyampaikan rasa terimakasih kepada Presiden Joko Widodo lantaran telah memberinya kesempatan untuk mendedikasikan dirinya untuk ikut membangun bangsa dan negara.

“InsyaAllah dengan ridho Allah SWT, langkah kita dalam mewujudkan Indonesia sejahtera lahir batin, adil dan makmur, akan mendapatkan jalan yang qobul,” tutupnya.

Sumber: RMOL
Editor: Saibansah