Rajin Berbagi dengan Ikhlas, Jangan Pelit

Dr Aqua Dwipayana saat mendarat di Bandara Don Mueang Bangkok. (Foto: J5NEWSROOM.COM) saat mendarat di Bandara Don Mueang Bangkok. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

Oleh Dr Aqua Dwipayana

RAJINLAH berbagi dengan ikhlas kepada sesama, jangan pelit. Lakukan hal itu secara konsisten baik kepada orang yang telah dikenal maupun yang baru pertama kali ketemu.

Aktivitas positif itu jika meniatkannya sebagai ibadah, sepenuhnya karena Tuhan, sama sekali tidak ada ruginya. Untungnya banyak sekali.

Mereka yang selama ini senang berbagi dengan ikhlas termasuk dalam bentuk materi, hidupnya bahagia. Apalagi saat melihat kebahagiaan orang yang dibantu, perasaannya lebih bahagia lagi.

Jangan pernah ragu untuk membantu siapa pun. Kalau memang bisa melakukannya, segera laksanakan. Jangan menunda-nunda apalagi banyak pertimbangan.

Ingat, saat membantu orang lain, pada dasarnya membantu diri sendiri. Sehingga perlu berterima kasih kepada orang yang dibantu karena memberikan kesempatan kepada orang yang memberi pertolongan untuk beribadah.

Membantu sesama itu paling utama bukanlah seberapa besar bantuan yang diberikan. Semuanya relatif. Terpenting adalah keikhlasannya.

Saat membantu sesama, jangan pernah mengharapkan balasan dari orang yang dibantu. Berharaplah hanya kepada Tuhan.

Jangan pernah mengharapkan sesuatu dari manusia termasuk yang telah dibantu, sebab bisa menimbulkan kekecewaan. Jika ada pamrihnya maka pertolongan yang diberikan akan sia-sia.

Potensi Membantu Besar Sekali

Setiap manusia bisa membantu sesama. Potensi untuk itu besar sekali. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menolong orang lain. Semuanya diawali dengan niat.

Biasakanlah setiap pagi, begitu bangun tidur, saat berdoa kepada Tuhan, menyampaikan niat dan memohon pertolongan-Nya untuk bisa membantu sebanyak-banyaknya orang dengan ikhlas. Bagi Sang Pencipta mewujudkan itu mudah sekali.

Selanjutnya setiap ada kesempatan memberikan bantuan, segera lakukan. Tanpa melihat latar belakang seseorang.

Membantu sesuai kemampuan. Jangan memaksakan diri. Jika ada orang butuh bantuan tapi tidak bisa melakukannya, segera minta maaf. Jangan menyesal karena tidak dapat memenuhi permintaannya.

Jadikanlah kebiasaan membantu sesama dengan ikhlas, mendarah daging. Rasanya dalam sehari ada yang kurang jika belum memberikan pertolongan.

Semoga banyak orang yang merasakan manfaat dari bantuan yang kita berikan.

Aamiin ya robbal aalamiin.

Editor: Agung