Kapolda Kepri ‘Kick-off’ RM 102 Drag Bike Race Championship 2024

Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah bersama pemenang membuka RM 102 Drag Bike Race Championship 2024 Piala Kapolda Cup, Sabtu (25/5/2024). (Foto: Humas Polda Kepri)

J5NEWSROOM.COM, Batam – Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah membuka RM 102 Drag Bike Race Championship 2024 Piala Kapolda Cup di Sirkuit Non Permanen Temenggung Abdul Jamal Kota Batam, Sabtu (25/5/2024).

Event olahraga yang digelar sempena HUT Bhayangkara ke-78 itu dihadiri oleh para Pejabat Utama (PJU) Polda Kepri, Kapolresta Barelang, IMI (Ikatan Motor Indonesia) Kepri dan Peyelengara RM 102  H. Willy Otra, peserta lomba dan para pecinta otomotif di Kepri.

Yan Fitri Halimansyah mengatakan, dalam rangkap HUT Bhayangkara ke-78 tahun 2024, Polda Kepri menggelar beberapa event, salah satunya adalah RM 102 Drag Bike Race Championship 2024 Piala Kapolda Cup ini. Tujuannya,  pertama adalah memberikan sarana hiburan bagi masyarakat Kepri, khususnya di Kota Batam. Kedua, mencari bibit-bibit pembalap nasional yang berasal dari Kepri.

“Semoga dengan event ini dapat menghasilkan pembalap-pembalap profesional yang bisa tampil di ajang yang lebih besar di masa depan,” harap Kapolda Kepri.

Yang ketiga, lanjutnya, memberikan edukasi dan literasi kepada semua lapisan masyarakat, terutama para penggemar otomotif, bahwa menaati peraturan lalu lintas dan jalan raya adalah harga mati bagi semua kendaraan bermotor karena ini menyangkut keselamatan jiwa.

Lebih lanjut, jenderal polisi yang digadang-gadang bakal mencalonkan diri menjadi Gubernur Kepri itu mengatakan, tujuan terakhir dari acara hari ini adalah sebagai sarana untuk mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kepri yang telah bersama-sama menciptakan situasi yang aman, damai, nyaman, dan kondusif.

“Kita telah melewati beberapa agenda nasional dan keamanan Kepri tetap terjamin karena kerjasama antara masyarakat dan aparat kepolisian serta TNI. Tanpa peran serta masyarakat, Polri tidak bisa menciptakan situasi seperti yang kita rasakan saat ini. Ini juga merupakan sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat Kepri,” paparnya.

Terakhir, event ini tidak hanya dilaksanakan di Pulau Batam saja, tapi juga di beberapa wilayah seperti Tanjungpinang dan Bintan. Sehingga, semuanya berjalan berkesinambungan untuk merayakan Hari Bhayangkara ke-78.

“Selamat bertanding. Jaga keselamatan diri masing-masing, baik kepada para penonton maupun para pembalap, dan perhatikan nilai-nilai sportivitas serta keselamatan yang sangat diutamakan,” tegas Kapolda Kepri.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara RM 102 Drag Bike Race Championship 2024 Piala Kapolda Cup Angga Prasetyo menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada panitia pelaksana, para sponsor dan seluruh peserta turnamen. Khususnya, terimakasih kepada Kapolda Kepri atas kesediaannya membuka secara resmi event ini.

“Event ini diikuti oleh ratusan pembalap dari berbagai daerah di Kepulauan Riau dan luar Kepri. Perlombaan berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 25 dan 26 Mei 2024, dengan mempertandingkan berbagai kelas, mulai dari kelas bebek 110cc hingga kelas sport 150cc,” ujar Angga Prasetyo.

Angga berharap, event ini bermanfaat menjadi wadah bagi para pembalap muda untuk menunjukkan bakat mereka, meningkatkan kesadaran tertib lalu lintas, mempererat hubungan Polri-masyarakat, mempromosikan otomotif dan pariwisata Kepri, serta mengedukasi masyarakat tentang olahraga otomotif.

Editor: Agung