Dedikasi dan Kinerja Kapolda Kepri Berbuah Penghargaan PJS Award

Ketua DPP Pro Jurnalismedia Siber Mahmud Marhaba (kiri) bersama para penerima penghargaan PJS Award di Jakarta. (Foto: Humas Polda Kepri)

J5NEWSROOM.COM, Jakarta – Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., masuk dalam nominator penerima Pro Jurnalismedia Siber (PJS) Award. Penghargaan ini diberikan atas dedikasinya dalam mendukung kemerdekaan pers dan kemajuan jurnalisme di Indonesia, khususnya di wilayah Kepri. Selasa (28/5/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut beberapa tokoh nasional dan daerah dalam meramaikan acara HUT 2 PJS. Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah yang diwakili Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Kepri Kompol Syaiful Badawi, calon Bupati Meranti Nazaruddin Nasir, Gubernur Babel Syafrizal Zakaria Ali, Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Amsar, Sekjen DPP AMPHURI HM Farid Aljawi, Dirut PT Timah Tbk Ahmad Dani Virsal, Dirut Besahaja Media Grup Arbi Leo, Dirut PAM Grup Andre Situmeang dan tokoh lainnya.

Ketua Umum PJS Mahmud Marhaba mengatakan, maraknya pertumbuhan media Siber saat ini tak berbanding lurus dengan kualitas jurnalis. Kemasan informasi yang kurang menarik, ditambah dengan banyaknya pelanggaran kode etik yang dilakukan.

“Saat ini semua orang bisa saja mendirikan media, namun tak dibarengi dengan kemampuan dalam mengolah dan menyajikan berita. Berangkat dari sinilah PJS hadir untuk menjadikan wartawan yang kompeten, berintegritas dan profesional,” ujar Mahmud Marhaba.

Kemudian, Penetapan Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah sebagai nominator didasari oleh hasil rapat finalisasi panitia Hari Ulang Tahun (HUT) PJS ke-2 yang digelar di Jakarta. Penilaian dilakukan berdasarkan berbagai sumber informasi dan pemberitaan yang menunjukkan kiprah beliau dalam menjalin hubungan harmonis dengan insan pers dan mendukung kemerdekaan pers.

Ditambahkan Ketua DPP PJS Mahmud Marhaba, pemberian awarding kepada Yan Fitri Halimansyah telah melalui proses panjang dan dengan seleksi yang cukup ketat.

“Setelah melakukan pengumpulan bahan dan informasi serta investigasi PJS dari berbagai sumber, serta seringnya kemunculan beliau dalam pemberitaan baik di media mainstream maupun media sosial, panitia akhirnya memutuskan beliau layak mendapatkan penghargaan ini,” ujar Mahmud Marhaba.

Mereka yang dinobatkan sebagai penerima PJS Award:

  1. Gubernur Babel Dr Syafrizal Zakaria Ali M.Si
  2. Kapolda Kepri Irjen Pol Drs Yan Fitri Halimansyah M.H
  3. Bupati Kep Meranti AKBP (Purn) H Amsar
  4. Walikota Dumai H Paisal S.KM MARS
  5. Sekjen DPP AMPHURI HM Farid Aljawi SE
  6. Calon Bupati Meranti H Nazaruddin Nasir
  7. Dirut PT Timah Tbk Ahmad Dani Virsal
  8. Dirut Besahaja Media Grup Arbi Leo
  9. Dirut PAM Grup Andre Situmeang
  10. PT Musim Mas
  11. PT Telkomsel.

Kapolda Kepri mengucapkan terimakasih banyak kepada kawan kawan PJS yang telah memberikan apresiasi dan penghargaan untuk dirinya.

“Saya merasa bangga dan terhormat atas nominasi yang diberikan dalam rangka HUT ke-2 Pro Jurnalismedia Siber (PJS) Award. Penghargaan ini merupakan amanah dan motivasi bagi saya untuk terus bekerja keras dalam mendukung kemerdekaan pers dan kemajuan jurnalisme di Indonesia, khususnya di wilayah Kepri,” papar Kapolda Kepri.

Ditambahkan jenderal Melayu itu lagi, kemerdekaan pers merupakan pilar penting dalam demokrasi. Pers memiliki peran strategis dalam mengawal pembangunan bangsa dan negara, serta dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera.

Editor: Agung