Ibu Kota AS Siap Sambut Kedatangan Sepasang Panda dari China

Panda raksasa jantan Bao Li, di habitatnya di Pangkalan Shenshuping di Wolong, China (kiri), dan panda raksasa betina Qing Bao di habitatnya di Pangkalan Dujiangyan di Sichuan, China. Keduanya akan dikirim ke kebun binatang nasional di Washington, DC akhir tahun ini.

J5NEWSROOM.COM, Washington DC – Ibu kota AS, Washington, DC akan menerima dua penghuni baru yang tenar pada akhir tahun ini. Beijing akan meminjamkan panda raksasa ke Kebun Binatang Nasional Smithsonian. Kembalinya panda ke kebun binatang itu, diumumkan pada hari Rabu (29/5) dalam sebuah video di situs web Museum Smithsonian.

Video itu menampilkan ibu negara Jill Biden, Sekretaris Smithsonian Lonnie Bunch, dan Direktur Institut Biologi Konservasi kebun binatang, John dan Adrienne Mars, Brandie Smith. “Kami tidak sabar untuk merayakan momen bersejarah ini di sini, di ibu kota negara kami,” kata Biden dalam video itu.

Bao Li dan Qing Bao, sepasang panda yang dikirim nanti adalah bagian dari program penangkaran dan penelitian selama 10 tahun, kata Kebun Binatang Nasional.

Bao Li yang namanya berarti “harta karun” dan “energik” itu, lahir pada 4 Agustus 2021 di Pusat Konservasi dan Penelitian Panda Raksasa China. Sedangkan Qing Bao, yang berarti “hijau” dan “harta karun”, lahir 12 September 2021.

Panda kembali ke kebun binatang di Washington, DC satu setengah tahun setelah Kebun Binatang Nasional AS mengirim ketiga pandanya kembali ke China, di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan China. Kebun binatang Amerika lainnya juga mengirim panda mereka kembali ke China.

Namun, setelah Presiden China Xi Jinping, bertemu dengan Presiden Joe Biden di California tahun lalu, tampaknya China akan mengirim panda baru ke AS sebagai “duta persahabatan antara masyarakat China dan Amerika.”

Sejak Beijing memberi sepasang panda ke Kebun Binatang Nasional pada tahun 1972, panda menjadi simbol persahabatan antara AS dan China. 

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah