Dialog Shangri-La di Singapura: Australia, Malaysia, Selandia Baru, Singapura, Inggris Bahas Keamanan Regional

Pertemuan para Menteri Pertahanan (dari kiri): Judith Collins (Selandia Baru), Dato’ Seri Mohamed Khaled Nordin (Malaysia), Ng Eng Hen (Singapura), Richard Marles (Australia), dan Dirjen Kebijakan Keamanan Inggris Paul Wyatt di Singapura 31 Mei 2024. (REUTERS/Caroline Chia)

J5NEWSROOM.COM, Di sela-sela pertemuan keamanan di Singapura, para pejabat dari Australia, Malaysia, Selandia Baru, Singapura dan Inggris, Jumat (31/5) membahas cara-cara untuk berkontribusi bagi keamanan regional.

Wakil PM dan Menteri Pertahanan Australia Richard Marles mengatakan, “Ini adalah minilateral yang sangat penting bagi Australia. Saya pikir jika Anda bertanya kepada semua negara yang ada di sini, kepentingan nasional kita adalah berkontribusi pada keamanan kolektif kawasan kita di dunia yang sedang mengalami banyak hal. Dalam melakukan itu, jelas bahwa landasan keamanan kolektif di kawasan dunia ini adalah sentralitas ASEAN.”

Marles mengatakan bahwa “minilateral” seperti Pertemuan Para Menteri Pertahanan kelompok Five Power Defense Arrangement (FPDA, Pengaturan Pertahanan Lima Kekuatan) memberi kontribusi penting bagi keamanan kolektif di kawasan.

Sementara ketegangan geopolitik terus meningkat secara regional dan global, Menteri Pertahanan Selandia Baru Judith Collins sependapat bahwa interoperabilitas dengan para sekutu penting bagi kawasan Indo-Pasifik. Ia menambahkan bahwa Selandia Baru menyambut baik “kesempatan untuk berkontribusi dan menjadi bagian dari latihan yang telah dan akan direncanakan sekarang.”

Pembahasan mereka juga mencakup pembangunan kemampuan dalam bidang-bidang nonkonvensional seperti kontraterorisme, keamanan maritim, bantuan bencana dan kemanusiaan.

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah