Marlin Agustina: Peran Perempuan Sangat Penting Dalam Penerapan PHBS

Wakil Gubernur Kepulauan Riau, sekaligus Ketua TP-PKK Kota Batam Marlin Agustina bersama masyarakat Batam. (Foto: Humas Pemko Batam)

J5NEWSROOM.COM, Batam – Wakil Gubernur Kepulauan Riau, sekaligus Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Batam, Marlin Agustina berharap, penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bisa dijadikan sebagai perilaku positif yang selalu melekat di masyarakat.

Agar PHBS menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari, harus dimulai dari perempuan. Peran perempuan terutama ibu-ibu, sangat penting dalam meningkatkan kesadaran anggota keluarga dalam menerapkan PHBS.

Hal ini, disampaikan Marlin saat pembukaan sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat tingkat Kecamatan Sagulung, di SP Plaza, Rabu (26/6/2024).

“Ibu-ibu paling berperan untuk mengatur hal-hal dasar di dalam keluarga. Mulai dari kebersihan, kesehatan, sampai nutrisi dari makanan sehari-hari untuk keluarganya,” ujarnya.

Marlin melanjutkan, melalui penerapan PHBS yang dimulai dari dalam keluarga, akan terciptanya kualitas kesehatan keluarga yang meningkat.

Tentunya, untuk mencapai tujuan tersebut, dengan melalui proses pembekalan dan kesadaran dalam menjalani prilaku kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat.

“PHBS itu tidak hanya tentang pola hidup yang bersih dan sehat, tapi juga salah satu intervensi dalam pencegahan stunting. Jadi seorang perempuan itu, harus pandai memberikan nutrisi kepada anak-anaknya,” katanya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini, akan semakin meningkatnya kepedulian perempuan mengenai pentingnya kesehatan. Dapat mengetahui faktor risiko penyakit dan pencegahan, serta memanfaatkan fasilitas pemeriksaan kesehatan secara berkala. 

“Dengan demikian, dapat meningkatkan kesehatan yang baik dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Kota Batam kedepannya,” imbuhnya.

Editor: Agung