Rusia, Iran Lanjutkan Kerja Sama di Bawah Presiden Baru Iran

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) berbicara dengan Ketua Parlemen Iran Mohammad Bagher Ghalibaf, ke-2 dari kanan, selama pertemuan mereka di sela-sela Forum Parlemen BRICS di St. Petersburg, Rusia, Kamis, 11 Juli 2024.

J5NEWSROOM.COM, Rusia – Presiden Rusia Vladimir Putin dan ketua parlemen Iran Mohammad Bagher Ghalibaf pada Kamis (11/7) menyatakan tekad akan melanjutkan kerja sama di bawah Presiden baru Iran Masoud Pezeshkian.

Dalam pertemuan bilateral dengan Ghalibaf di sela-sela forum parlemen BRICS di St. Petersburg, Putin mengatakan, “Saya ingin menyampaikan harapan dan keyakinan bahwa perkembangan hubungan antara Iran dan Federasi Rusia akan terus berkembang seperti terjadi di bawah kepemimpinan Presiden Raisi. Kita semua menyesali dan berduka atas kematiannya.”

Sementara itu, Ghalibaf memastikan bahwa kerja sama antara Rusia dan Iran akan memperbaiki “nasib kawasan itu dan perekonomiannya.” Dan “tentu akan menghentikan unilateralisme Barat,” imbuhnya.

BRICS adalah singkatan dari negara-negara pembentuknya: Brazil, Rusia, India, China, dan South Africa atau Afrika Selatan. Pada Januari lalu, kelompok itu menyambut lima anggota baru, termasuk Mesir dan Iran. 

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah