Uniba Gelar Workshop Pengelola Jurnal Ilmiah Berstandar Sinta

Workshop Pengelola Jurnal Ilmiah yang digelar Universitas Batam. (Foto: Humas Uniba)

J5NEWSROOM.COM, Batam – Universitas Batam (Uniba) mengadakan Workshop Pengelola Jurnal Ilmiah Berstandar Sinta dan Workshop Publikasi Sinta Jurnal Kedokteran dengan narasumber Prof. Dr. Parmin, S.Pd., M.Pd.

Acara yang berlangsung di Rumengan Hall Kampus Uniba ini dimoderatori oleh Dr. Ir. Yuanita FD Sidabutar, ST., M.Si. dan Isramilda, S.Si., M.Si. Hadir dalam acara ini Rektor Uniba, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU., ASEAN Eng dan Kepala LPPM Uniba, Dr. Malahayati Rusli Bintang, BSc, MPH.

Peserta workshop diwajibkan membawa laptop untuk mengikuti sesi yang efektif dan interaktif, dimana setiap sesi diwarnai dengan tanya jawab yang menciptakan suasana antusias dan penuh canda pada Sabtu (27/7/2024).

Prof. Dr. Parmin berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam mengelola jurnal bertaraf nasional dan internasional, menekankan lima poin penting: kebijakan akreditasi jurnal, standar manajemen dan substansi artikel, optimalisasi kinerja editor, simulasi kesiapan jurnal di Uniba, serta review dan perbaikan artikel sesuai standar akreditasi Sinta 2.

Ia juga menekankan pentingnya kebahagiaan dan kesejahteraan pengelola jurnal agar tidak terlihat terbebani. “Tunjukkan bahwa Bapak dan Ibu bahagia serta sejahtera,” ujarnya.

Prof. Parmin menyebutkan, jumlah jurnal terakreditasi di Indonesia sudah lebih dari 10 ribu dan ia telah menilai sebanyak 1.707 jurnal, menekankan pentingnya artikel bebas plagiarisme.

Dr. Ir. Yuanita FD Sidabutar menyampaikan bahwa workshop ini bertujuan melatih pengelola jurnal di lingkungan Uniba. Workshop ini dibagi menjadi dua sesi: pengelolaan jurnal ilmiah berstandar Sinta dan publikasi Sinta jurnal ilmiah zona kedokteran.

Uniba saat ini memiliki 19 jurnal, dengan 1 jurnal pengabdian kepada masyarakat dan 18 jurnal penelitian, dimana 1 jurnal kedokteran telah terakreditasi Sinta 4, dan beberapa jurnal lainnya dalam proses penilaian.

Universitas Batam, yang didirikan pada tahun 2000 oleh Yayasan Griya Husada Kota Batam, adalah satu-satunya perguruan tinggi di Kepulauan Riau yang memiliki Fakultas Kedokteran dengan akreditasi unggul.

Uniba berlokasi di Jalan Uniba Nomor 5, Kota Batam, didirikan berdasarkan SK Mendiknas RI No. 58/D/O/2000 tanggal 4 Mei 2000.

Editor: Agung