Tingkatkan Kepedulian Sosial, PLN Batam Berkolaborasi dengan PMI Kota Batam melalui Donor Darah

Kegiatan donor darah yang digelar oleh PLN Batam di Kantor Korporat PLN Batam, Selasa (30/7/2024). (Foto: Humas PLN Batam)

J5NEWSROOM.COM, Batam – Dalam rangka meningkatkan kepedulian sosial di lingkungan kerja, PT PLN Batam menggelar kegiatan donor darah di Kantor Korporat PLN Batam, Selasa (30/7/2024).

Berkolaborasi dengan PMI Kota Batam, donor darah ini juga membantu memenuhi ketersediaan darah di wilayah Batam. Dalam kegiatan  donor ini, berhasil didapatkan 61 kantong darah dari pendonor. Pendonor terdiri dari pegawai dan Tenaga Alih Daya PLN Batam, juga sejumlah peserta eksternal.

Sekretaris Perusahaan PLN Batam, Zulhamdi, mengungkapkan, donor darah memiliki efek positif, baik bagi pendonor maupun penerima donor. Tak hanya darah yang didonorkan sangat berarti bagi penerima donor, pendonor juga dapat memperoleh manfaat kesehatan yang besar. Tubuh akan bekerja menggantikan sel darah yang hilang, merangsang produksi sel darah baru sehingga mendukung kesehatan sistem peredaran darah. Selain itu, donor darah juga mengasah rasa kepedulian terhadap sesama.

“Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, donor darah juga diharapkan dapat memupuk rasa kepedulian terhadap yang membutuhkan, karena kepedulian kita dapat menyelamatkan nyawa manusia lain,” terang Zulhamdi.

Adapun donor darah dilaksanakan dengan memerhatikan prosedur yang ada, seperti pengecekan tensi, hemoglobin, dan riwayat kesehatan agar tidak membahayakan pendonor dan diperoleh darah dengan kualitas baik yang akan diberikan kepada yang membutuhkan melalui PMI.

Zulhamdi mengatakan, PLN Batam telah konsisten bekerjasama dengan PMI melaksanakan kegiatan donor darah setiap tiga bulan sekali sebagai bagian dari budaya perusahaan yang memiliki kepedulian sosial tinggi terhadap masyarakat serta memerhatikan kesehatan pegawai.

“Donor darah ini merupakan salah satu wujud nyata kepedulian PLN Batam kepada masyarakat, khususnya di bidang kesehatan. Selain menjadi wadah untuk berkontribusi aktif dalam menyelamatkan nyawa manusia, kegiatan ini juga dapat menciptakan lingkungan kerja PLN Batam yang lebih sehat,” pungkas Zulhamdi.

Editor: Agung