Tomi, Atlet Jujitsu Kepri, Raih Medali Perunggu di PON XXI Aceh-Sumut

Atlet jujitsu asal Kepulauan Riau, Tomi Riono saat menerima medali perunggu PON XXI. (Foto: Humas Jujitsu Kepri)

J5NEWSROOM.COM, Deli Serdang — Atlet jujitsu asal Kepulauan Riau, Tomi Riono, berhasil menyumbangkan medali perunggu dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024. Pada hari pertama pertandingan cabang olahraga jujitsu yang digelar di Martial Arts Arena, Deli Serdang, Rabu (18/9), Tomi menunjukkan performa gemilang dengan mengalahkan beberapa atlet unggulan hingga melaju ke semifinal.

Tomi turun di kelas 77 kg Fighting System Putra, kategori yang hanya diikuti enam besar atlet dari seluruh Pengprov Jujitsu Indonesia, ditambah dua peserta dari tuan rumah dan Daerah Otonomi Baru (DOB). Dalam perebutan tempat terbaik, sembilan atlet dari sembilan provinsi bersaing ketat.

Pada laga semifinal, Tomi berhasil menundukkan atlet unggulan dari Jawa Barat yang sebelumnya mengalahkan andalan DKI Jakarta. Hal ini cukup mengejutkan, mengingat atlet DKI Jakarta yang meraih emas pada Babak Kualifikasi (BK) PON lalu harus tersingkir di babak penyisihan PON XXI.

“Meski belum maksimal, saya tetap bangga bisa menyumbangkan medali perunggu untuk kontingen Kepri,” ujar Tomi. Pada BK PON tahun lalu, Tomi juga meraih medali perunggu. “Target mempertahankan perunggu ini sudah tercapai,” lanjutnya.

Pertandingan antara Tomi dan atlet Jawa Barat, Syabil, berlangsung sengit. Wakil Ketua KONI Kepri, Buralimar, yang hadir menyaksikan langsung, menyatakan bahwa Tomi sempat tertinggal dalam perolehan poin. Namun, berkat instruksi pelatih, Tomi mampu meraih kemenangan dengan teknik “full ippon” di detik-detik akhir pertandingan. Teknik ini, yang menggabungkan poin dari pukulan, tendangan, bantingan, hingga kontrol penuh di sesi ground, langsung memastikan Tomi sebagai pemenang.

Rozi Juhendra, pelatih tim Jujitsu Kepri, menilai hasil ini sudah sesuai dengan target. “Walaupun saya sempat menargetkan perak, namun perunggu ini sudah pencapaian yang baik,” ucap Rozi, yang akrab disapa Sensei Oji. Medali emas dan perak di kelas ini masing-masing diraih oleh atlet dari Jawa Timur dan Kalimantan Timur.

Sementara itu, di hari kedua PON XXI, Kamis (19/9/2024), Kepri masih menaruh harapan pada atlet andalan lainnya, M. Danang Yoga Gunawan. Pada BK PON sebelumnya, Danang berhasil mencapai final dan meraih medali perak. “Semoga besok Danang bisa meraih emas, minimal mempertahankan perak,” harap Oji. Pertandingan ini diakui sebagai laga ulang, dengan kekuatan tuan rumah yang masih menjadi tanda tanya.

Editor: Agung