UNIBA Gelar PKKMB untuk Mahasiswa Baru 2024

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024 Universitas Batam (UNIBA). (Foto: Humas UNIBA)

J5NEWSROOM.COM, Batam – Universitas Batam (UNIBA) kembali mengadakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor UNIBA, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng, ASEAN, Eng, di Gedung Graha Bintang UNIBA Batam pada Rabu (25/9).

Dalam sambutannya, Samsul Rizal menyampaikan pesan penting kepada mahasiswa baru agar selalu memperhatikan pengumuman dan informasi resmi dari Unit Pengembangan Pendidikan (Unpid) UNIBA dan Program Studi. Ia mengingatkan mahasiswa untuk tidak mudah terpengaruh oleh berita hoaks dan menegaskan bahwa tidak ada kegiatan perploncoan. Selama masa perkenalan, mahasiswa diminta mengenakan pakaian hitam putih sebagai seragam agar lebih mudah dikenali.

Selama tiga hari PKKMB, UNIBA mengundang sejumlah tokoh penting, termasuk Gubernur Kepri, Walikota Batam, Kapolda, dan Kepala Kejaksaan Tinggi. Kapolda akan memberikan materi mengenai bahaya narkoba, sedangkan Kajati akan membahas hukum. Gubernur akan memaparkan perkembangan di Kepulauan Riau, dan Walikota Batam akan menyampaikan pandangannya mengenai kemajuan kota.

Rektor juga menambahkan bahwa mahasiswa program Sarjana (S1) di Universitas Batam dapat menyelesaikan studi dalam waktu 3,5 tahun dan siap bekerja sesuai bidang yang dipelajari. Ia berharap kegiatan ini membantu mahasiswa baru memahami kehidupan kampus dan mempersiapkan masa depan akademis yang sukses.

Ketua Panitia PKKMB, Muhammad Rainbow Perdana, menyebutkan bahwa jumlah peserta tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu, dengan sekitar 700 mahasiswa baru yang mendaftar, dan sekitar 550 di antaranya mengikuti kegiatan ini.

Dalam PKKMB, mahasiswa baru dikenalkan dengan berbagai aspek kehidupan kampus, termasuk struktur organisasi dari Rektor hingga Ketua Program Studi, serta diajarkan cara mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) yang penting untuk perkuliahan.

“Kegiatan ini merupakan langkah awal bagi mahasiswa baru untuk mengenal dunia perkuliahan dan organisasi kemahasiswaan di UNIBA,” tambah Muhammad Rainbow.

PKKMB UNIBA juga menghadirkan narasumber dari berbagai tokoh, termasuk Gubernur, Kapolda, Kajati, Walikota, dan Ketua Ikatan Alumni (IKA) UNIBA, Nuryanto, yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Batam periode 2019-2024.

Mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB berasal dari berbagai program studi, dengan Fakultas Kedokteran menjadi favorit, menerima 107 mahasiswa baru dari seluruh Indonesia, termasuk daerah terpencil seperti Kabupaten Pegunungan di Papua.

Kami selalu menerima mahasiswa dari berbagai daerah, bahkan dari wilayah-wilayah terpencil seperti Kabupaten Pegunungan di Papua. Ini menunjukkan keberagaman mahasiswa di UNIBA yang semakin luas,” tutupnya.

Editor: Agung