Plt Gubernur Kepri Marlin Agustina Lantik Ketua DPP PKSS Akhmad Rosano

Pelaksana Tugas Gubernur Kepri, Marlin Agustina saat melantik DPP, DPW Kepri dan DPD Kota Batam Perkumpulan Kekerabatan Sulawesi Selatan (PKSS) periode 2024-2029, di Golden Prawn, Minggu (29/9/2024). (Foto: Humas PKSS)

J5NEWSROOM.COM, Batam – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Marlin Agustina, yang juga bertindak sebagai Pembina Perkumpulan Kekerabatan Sulawesi Selatan (PKSS), secara resmi melantik Akhmad Rosano sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKSS. Pelantikan tersebut berlangsung Minggu (29/9/2024) malam di Ballroom C, Golden Prawn, Kota Batam.

Dalam kesempatan yang sama, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKSS Provinsi Kepri serta Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKSS Kota Batam juga turut dilantik. Acara ini dihadiri ratusan warga asal Sulawesi Selatan yang tinggal di Batam, serta warga Sulawesi lainnya, terutama suku Bugis, yang antusias mengikuti pelantikan organisasi kemasyarakatan ini.

Warga Bugis yang hadir tampak menikmati berbagai kesenian dan tarian tradisional khas Sulawesi, dengan mengenakan busana tradisional dari suku Bugis, Makassar, dan Toraja.

Dalam sambutannya, Marlin Agustina Rudi menyampaikan harapan agar PKSS dapat berkontribusi dalam pembangunan Provinsi Kepri. Ia menekankan pentingnya peran organisasi masyarakat dalam memajukan daerah.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKSS Akhmad Rosano bersama para pengurus seusai dilantik. (Foto: Aldy/BTD)

“Kami berharap, PKSS tidak hanya hadir secara seremonial, tetapi dapat aktif berkontribusi dalam pembangunan Kepri. Meskipun organisasi ini baru, saya yakin PKSS diisi oleh orang-orang profesional,” ujar Marlin.

Akhmad Rosano, yang baru saja dilantik sebagai Ketua DPP PKSS, dalam pidatonya mengajak masyarakat Bugis di Kepri untuk tidak merasa sebagai pendatang. Ia menegaskan bahwa keberadaan suku Bugis di Kepri memiliki sejarah panjang.

“Kita bersama-sama dengan pemerintah dan masyarakat Kepri harus berupaya memajukan provinsi ini. Mari berbuat yang terbaik agar Kepri semakin maju,” kata Rosano.

Rosano juga menekankan pentingnya menjaga nilai-nilai luhur dan adat Bugis, seperti kesantunan dan rasa malu, dalam menjalankan peran dan memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah.

“Meskipun PKSS adalah organisasi baru, saya yakin kami mampu memberikan yang terbaik, karena organisasi ini diisi oleh banyak orang profesional,” tambahnya.

Dalam 100 hari pertama setelah pengukuhan, Rosano menjelaskan bahwa PKSS akan mengadakan rapat internal untuk membahas target pengukuhan di 36 provinsi.

“Saat ini sudah terbentuk dua provinsi. Target kami adalah membentuk PKSS di 36 provinsi dan 534 kabupaten/kota. Semoga ini dapat terwujud, dan Batam akan tetap menjadi pusatnya,” jelas Rosano.

Rosano berharap agar seluruh pengurus PKSS tetap semangat dalam berorganisasi untuk mencapai cita-cita yang telah ditetapkan.

“Mari kita bangun semangat untuk berkontribusi pada kemajuan Batam, Kepri, dan Indonesia secara keseluruhan,” tutup Akhmad Rosano.

Pelantikan tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPW PKSS Provinsi Kepri, Masrur Amin, Ketua DPD PKSS Kota Batam, Prof. Dr. Larisang, serta Gubernur Kalimantan Utara dan Ketua DPW PKSS Kalimantan Utara.

Editor: Agung