15 Rahasia yang Diketahui Orang Sukses Tentang Manajemen Waktu

Buku karya Kevin Kruse. (Foto: Amazon.com)

Pertama, peserta rapat cenderung menyia-nyiakan banyak waktu untuk hal-hal yang tidak penting, menurut hukum sepele Parkinson. Kedua, ekstrovert biasanya mendominasi pertemuan, mengurangi kemungkinan orang lain berpartisipasi. Akibatnya, informasi penting dapat disembunyikan selama sesi tersebut.

Namun, jika Anda benar-benar harus mengadakan rapat, pilihlah sesi stand-up daripada sesi duduk. Ini mungkin tampak aneh. Tetapi para peneliti Universitas Washington menemukan bahwa pertemuan tetap mengarah pada kolaborasi yang lebih baik, lebih sedikit keterikatan pada gagasan, tingkat partisipasi yang lebih tinggi, dan pemecahan masalah yang lebih berhasil.

Marissa Mayer, CEO Yahoo, memiliki tip lain yang berguna: dia dapat mengadakan hingga 70 rapat setiap minggu, dengan menjadwalkannya dalam kelipatan lima atau sepuluh menit. Dia tidak akan pernah bisa mencapai ini jika dia hanya bekerja selama 30 menit.

Dengan kata lain, menjadwalkan pertemuan sebelumnya akan membuat orang tidak menghabiskan waktu Anda.

Ini penting karena orang lain akan sering menanyakan sesuatu kepada Anda, yang berkaitan erat dengan rahasia kesembilan: mengatakan “tidak” pada sebagian besar hal akan membantu Anda mencapai tujuan langsung Anda lebih cepat.

Lagi pula, jika Anda mengatakan “ya” untuk satu hal, Anda secara otomatis mengatakan “tidak” untuk yang lain. Sara Hendershot, seorang pendayung Olimpiade, adalah contoh yang bagus. Dia ahli dalam menolak komitmen sosial dan komitmen lainnya.

Menjelang Olimpiade 2012 di London, ketika dia lolos ke final, dia menggunakan bakat yang dipelajari dengan susah payah ini untuk mengawasi hadiahnya. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang cenderung mengatakan “tidak” pada tuntutan waktu, mereka lebih bahagia dan memiliki lebih banyak energi.

Tingkatkan efisiensi dan kepuasan Anda dengan menggunakan aturan 80/20 dan tanyakan pada diri sendiri beberapa pertanyaan refleksi diri. Anda sudah tahu bahwa sangat penting untuk memfokuskan waktu Anda yang terbatas pada hal-hal yang paling penting.

Rahasia kesembilan dapat membantu Anda dalam upaya ini. Ia mengklaim bahwa menggunakan Prinsip Pareto akan mengungkapkan jalan pintas menuju kesuksesan.

Inilah artinya: Vilfredo Federico Damaso Pareto, seorang filsuf dan ekonom Italia, menemukan pada 1890-an bahwa 20% tanaman kacang polongnya menghasilkan 80% kacang polong yang sehat. Aturan 80/20 ini diperluas menjadi gagasan universal yang saat ini menyandang namanya. Hal ini dapat digunakan dalam berbagai situasi.

Menerapkan aturan 80/20 kepada staf Anda, misalnya, Anda dapat menyimpulkan bahwa sebagian besar tenaga penjualan Anda harus dipecat, karena mereka berkinerja terburuk Anda.

Anda kemudian dapat memusatkan upaya Anda pada 20% sisanya, yang telah menyumbang 80% dari penjualan Anda, dengan memberi mereka penghargaan dan memberikan lebih banyak dukungan.

Hasil akhirnya kemungkinan besar adalah peningkatan penjualan secara keseluruhan. Dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat menerapkan aturan 80/20 dengan meninjau tugas-tugas yang Anda selesaikan setiap minggu dan menentukan mana yang paling berdampak.

4