Taufan, Anak Gajah Sumatera Ini Sudah Tak Bisa Main Bola Lagi, Selamanya!

Anak gajah bernama Taufan sudah tidak bisa main bola lagi. (Foto: Ist)

J5NEWSROOM.COM, Lampung – Taufan, seekor anak gajah Sumatera jinak berusia 4 sudah tidak bisa main bola lagi, selamanya!

Itu terjadi setelah Minggu, 30 Oktober 2022 lalu, Taufan ditemukan mati di lokasi konservasi hewan yang dilindungi. Yaitu, Pusat Latihan Gajah Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Di sekolah gajah ini, para gajah kerap berlatih main bolah. Termasuk, Taufan.

Taufan adalah anak dari Bunga, gajah betina yang telah melahirkannya 4 tahun lalu. Bangkai Taufan kemudian diperiksa dan diotopsi untuk diambil beberapa organ tubuhnya guna mengetahui penyebab kematiannya.

Taufan sedang diamati oleh tim medis sebelum dilakukan otopsi. (Foto: Ist)

Dokter hewan Rumah Sakit Gajah Prof Rubini Atmawidjaja, drh. Hesti mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan atas peristiwa tersebut. Dari pemeriksaan dan pembedahan, beberapa organ dalam gajah sudah diambil untuk dikirim ke laboratorium.

Kesimpulan dari diagnosa sementara, lanjut Hesty, penyebab kematian anak gajah bernama Taufan ini akibat penyakit herves virus (EEHV).

“Penyebab kematian anak gajah ini bukan karena kekerasan, karena tidak ada bekas luka, tidak ada lubang yang tidak umum ditemukan, tidak ada tindak kekerasan fisik,” katanya pula.

Sumber: antaranews.com
Editor: Saibansah