Begini Gerak Cepat AVOCI Tanggap Bencana Gempa Cianjur Jawa Barat

Posko AVOCI Tanggap Bencana gempa Cianjur Jawa Barat. (Foto: Dok.J5NEWSROOM.COM)

LAPORAN: Alia Safira

J5NEWSROOM.COM, Jakarta – Minggu, 20 November 2022, setelah sarapan di The Rich Hotel Jogja, para peserta Touring AVOCI (Alphard Vellfire Owner Club Indonesia) sempena ‘Hari Pahlawan’ dan dalam rangka memecahkan rekor 100 KR dan 1.000 km mulai kembali ke kota masing-masing.

Banyak dari mereka yang berasal dari Jakarta. Mereka pun bergerak pulang dalam beberapa konvoy terpisah. Ada juga yang masih memperpanjang liburan di Jogjakarta, karena memang sehari belumlah cukup untuk menikmati indahnya kota istimewa tersebut.

Tetapi, ada juga yang memilih untuk melanjutkan perjalanan ke Prambanan dan Solo. Sementara itu, rombongan chapter Jawa Timur juga telah kembali ke kota masing-masing, termasuk ke Jember, Sidoardjo, bahkan Banyuwangi.

Pun demikian halnya dengan para peserta dari Borneo, juga telah bergerak menuju Tanjung Perak Surabaya untuk memberangkatkan KR-nya kembali ke Borneo.

Hari Senin, 21 November 2022, para anggota AVOCI pun telah kembali larut dalam kegiatan harian masing-masing seperti biasa. Ada yang bekerja maupun kembali ke sekolah dan kuliah bagi anak-anak.

Tiba-tiba. Innalillahi wa inna ilaihi roji’un, hari Senin itu pula, pada sore harinya, terdengar dentuman keras yang dapat dirasakan hingga di Jakarta dengan getaran yang relatif cukup lama. Selang tak berapa lama kemudian, tersiar berita hampir di seluruh media televisi, radio dan media online, bahwa telah terjadi gempa di Cianjur Jawa Barat dengan kekuatan 5,6 skala richter.

BACA JUGA: Pecahkan Rekor, AVOCI Gelar Touring Tematik Hari Pahlawan

Hari pertama bencana, AVOCI Indonesia atas seruan Pengurus Nasional langsung bergerak cepat melakukan penggalangan dana donasi untuk chapter seluruh Indonesia. Dan di hari ketiga sesudahnya, berita mulai semakin update dengan dampak-dampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, semakin spesifik.

Berdasarkan tabulasi yang dirilis BPBD Kabupaten Cianjur per tanggal 23 November 2022 pukul 17.00 WIB kemarin, jumlah korban yang dinyatakan hilang atau dalam pencarian terdata 40 orang. Sementara itu, jumlah korban meninggal dunia sebanyak 318 orang/lebih, korban luka-luka sebanyak 2.043 orang lebih, dan yang mengungsi sebanyak 61.908 orang.

Maka Pengurus AVOCI Pusat pun segera melakukan emergency plan untuk melakukan bantuan langsung ke lokasi. Dana berhasil dikumpulkan oleh masing-masing chapter, Ketua Chapter Jawa Barat, Om Setiawan Hendra langsung meluncur ke Cianjur untuk melihat langsung bantuan yang diperlukan agar tepat sasaran, dan sekaligus Pendirian Posko Darurat Bencana AVOCI Indonesia di Jalan Bypass Cianjur-Bandung, pas seberang PLN Cianjur.

Setelah melalukan kegiatan assessment selama dua hari, Kamis dan Jumat, esok harinya pada Sabtu pagi, logistik bantuan yang dibelanjakan langsung dari Bandung yang di komandoi oleh Om Salman dan Om Sandi (member Avoci Jabar) meluncur ke Posko Bantuan.

Para anggota AVOCI harus menginap di lokasi bencana untuk membuat posko penyaluran bencana. (Foto: Dok.J5NEWSROOM.COM)

Mereka bergerak dengan menggunakan mobil khas Avoci yaitu Toyota Alphard beserta mobil box engkel yang membawa logistik donasi. Di dalam donasi tersebut berisi sardines, beras, ikan asin, telur, beras, indomie, popok bayi, mie instan beserta bantuan lainnya, sampai mobil box penuh.

Semua donasi bantuan benar-benar telah disalurkan secara langsung kepada para korban terdampak di pegunungan dan pesawahan. Bahkan, team sampai mengalami kemacetan di area bencana hingga 5 jam. Akhirnya, penyaluran donasi tuntas pada pukul 23:00 WIB, Sabtu malam.

Kemudian disusul oleh Ketua Umum AVOCI Om Yahya Runa bersama beberapa pengurus dan anggota yang berprofesi sebagai dokter, juga berangkat konvoy ke lokasi dengan beberapa truk yang juga berisi bahan pangan dan lain-lain.

“Pada hari Sabtu 26 November 2022 saya berkesempatan utk mengunjungi lokasi gempa cianjur bersama om Dr. Wiedo AVOCI 179 yang menjabat sebagai Divisi Sosial di Chapter Jabodetabek dan juga ditemani om Deniar AVOCI 265,” ujar Ketua Umum AVOCI Om Yahya Runa kepada wartawan.

Setibanya di Cianjur, lanjut Om Yahya Runa, kami sangat terkejut dan sedih melihat begitu hancurnya Kota Cianjur, terutama di daerah Cugenang, namun di sana pun sudah banyak sekali para relawan dan bantuan untuk bencana gempa Cianjur ini.

“Terima kasih untuk semua donatur yang sudah menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu saudara-saudara kita di Cianjur yang sedang tertimpa musibah gempa,” tambah Ketua Umum AVOCI itu.

Selanjutnya, Om Yahya Runa mengaku senang sekali melihat AVOCI kemarin baru seru-seruan, bersenang-senang di acara touring akhir tahun, tapi bisa langsung lanjut berdonasi. Semoga keberadaan AVOCI selalu bisa bermanfaat dan berdampak bagi masyarakat luas.

“Terima kasih juga untuk om Setiawan Hendra, AVOCI 131 Ketua Chapter Jabar/ Bandung Raya yang dari awal terjun ke lokasi dan membuat Posko AVOCI darurat bencana Cianjur, sampai tiga hari bermalam di sana. Terima kasih juga untuk om Salman Al-Farisi AVOCI 174, Sekjen Chapter Bandung Raya dan om Sandi Yudha AVOCI 152 Bendahara Chapter Bandung Raya yang sudah membantu belanja dan membawa logistik ke lokasi-lokasi gempa, hingga mendistribusikannya sampai ke ground zero. Semoga semua amal ibadah ini menjadi ladang pahala yang berlipat-lipat ganda. Aamiin ya robbal ‘alamin,” papar Ketua Umum AVOCI itu mengakhiri.

Begini beratnya medan yang dihadapi oleh para anggota AVOCI dalam menyalurkan paket bantuan. (Video: Dok.J5NEWSROOM.COM)

Editor: Abdul Hakim