Kiprah dan Kontribusi Nyata Taba Iskandar Selama Corona Mendera

Anggota DPRD Kepri dari Fraksi Partai Golkar, Taba Iskandar bersama para nakes, tokoh masyarakat dan tokoh agama saat mengisi masa resesnya dengan melakukan kegiatan vaksinasi Covid-19 di Sambau Nongsa Batam, Minggu (29/8/2021). (Foto: Saibansah/J5NEWSROOM.COM)

LAPORAN: Alia Safira

J5NEWSROOM.COM, Batam – Dua tahun bangsa-bangsa di seluruh dunia menderita karena virus corona. Begitu pula warga Batam dan masyarakat Kepri. Semuanya jadi susah. Susah bekerja, aktivitas terbatas dan kesehatan pun terancam. Bahkan, tidak sedikit nyawa yang sudah melayang. Semua gara-gara corona.

Di tengah kondisi yang serba susah itulah, anggota DPRD Kepri dari Fraksi Partai Golkar, Taba Iskandar melakukan kegiatan vaksinasi covid-19 secara massal di sejumlah titik di Kota Batam. Total sebanyak 2.000 slot vaksin corona-19 telah didistribusikan untuk membantu meningkatkan herd immunity warga Kota Batam.

Lokasi vaksinasi yang digelar tersebut di antaranya di Perumahan Buana Garden Tanjungpiayu Batam, Sabtu, 28 Agustus 2021. Kemudian, di Kavling Sambau 4 Kelurahan Sambau Nongsa Batam, Minggu 29 Agustus 2021 dan di kawasan Kabil Batam, Minggu 5 September 2021.

“Apa yang bisa kita lakukan untuk membantu masyarakat, itulah yang harus kita lakukan. Apalagi, saat itu warga Batam sedang membutuhkan vaksin covid-19 untuk memperkuat daya tahan tubuh mereka agar kuat dan tidak terpapar virus corona,” ujar Ketua Badan Kehormatan DPRD Provinsi Kepri Taba Iskandar kepada J5NEWSROOM.COM, Senin (3/4/2023).

Kegiatan vaksinasi covid-19 secara gratis itu dilakukan Taba Iskandar dalam rangkaian kegiatan masa resesnya. Di Kavling Sambau 4 Kelurahan Sambau Nongsa Batam, mantan Ketua DPRD Kota Batam periode 1999-2004 itu berbaur dengan warga, tokoh masyarakat, tokoh agama dan para tenaga kesehatan (nakes) di Masjid Al-Hijrah Kavling Sambau 4, RT 07, RW 04, Kelurahan Sambau Nongsa Batam. Di sanalah kegiatan vaksinasi covid-19 itu digelar.

“Saya hanya memfasilitasi agar masyarakat bisa mendapatkan vaksin covid-19 di sekitar rumah mereka. Sehingga, mereka tidak perlu harus jauh-jauh pergi dari rumah untuk mendapatkan vaksin,” ujar Taba Iskandar.

Anggota DPRD Kepri dari Fraksi Partai Golkar, Taba Iskandar saat memantau kegiatan vaksinasi Covid-19 yang digelarnya saat mengisi masa resesnya di kawasan Kabil Batam. (Foto: Saibansah/J5NEWSROOM.COM)

Melalui kegiatan reses ini, lanjut Taba Iskandar, dirinya ingin agar segera terbangun herd immunity alias kekebalan komunal di tengah-tengah masyarakat Kepri.

“Kalau sudah terbentuk herd immunity, masyarakat bisa beraktivitas seperti sedia kala, dan anak-anak pun bisa sekolah lagi seperti dulu, ini yang kita kejar segera,” tambah Ketua HDCI (Harley-Davidson Club Indonesia) Kepri itu.

Vaksinasi di Masjid Al-Hijrah ini, jumlah peserta vaksinasi sebanyak 300 lebih. Mereka mendapatkan vaksin Covid-19 platform Moderna. Sebagian lagi, paltform Sinovac.

Taba mengaku mendapat dukungan dari para tokoh masyarakat dan tokoh agama Kavling Sambau Nongsa. Sehingga, kegiatan yang digelar di halaman masjid yang sederhana itu berlangsung tertib dan guyub. Tentunya, mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

Selain dokter dan nakes yang mendukung kegiatan reses Taba Iskandar ini, juga tersedia sebuah mobil ambulance untuk memback-up kegiatan vaksinasi.

Di kawasan Kabil Batam, Ketua Badan Kehormatan DPRD Provinsi Kepri itu menyiapkan 250 slot vaksin platform Moderna untuk orang dewasa dan Sinovac untuk anak-anak.

“Ini hari terakhir masa reses saya, jadi vaksinasi di Kabil menjadi kegiatan terakhir reses saya, total vaksin yang sudah kami distribusikan kepada masyarakat sebanyak dua ribu slot,” ungkap Taba Iskandar.

Dari 250 slot vaksin di Kabil tersebut, sebanyak 140 orang dewasa yang divaksin dengan platform Moderna dosis pertama, dan 110 anak-anak Sinovac dosis pertama.

Setelah sukses menggelar vaksinasi di Kabil itu, Taba Iskandar menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan masa resesnya itu. Terutama, para nakes yang mendedikasikan waktu dan keahliannya menvaksin masyarakat di hari libur.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan vaksinasi selama masa reses saya ini, terutama kepada para nakes yang bersedia mendedikasikan dirinya bersama-sama mengejar terbentuknya kekebalan komunal di tengah-tengah masyarakat Kepri,” papar Taba Iskandar yang juga Ketua Perkumpulan Keluarga Besar Sumatera Selatan (PKBSS) Kepri itu mengakhiri.

Editor: Saibansah