Membaca Psikologi Uang dari Buku karya Morgan Housel

Cover buku The Psychology of Money karya Morgan Housel. (Foto: nutreats.co.za)

J5NEWSROOM.COM, Batam – The Psychology of Money merupakan buku karya Morgan Housel. Buku The Psychology of Money menjadi salah satu buku best seller internasional yang telah diterbitkan lebih dari 26 bahasa sejak penerbitan pertama pada tahun 2020. Bahkan, buku ini termasuk dalam 10 buku terlaris di Amerika Serikat versi Amazon.

Buku ini ditulis oleh Morgan Housel, seorang mantan kolumnis The Wall Street Journal dan pemenang berbagai penghargaan seperti Best in Business Award dari Society of American Business Editor & Writers. Buku The Psychology of Money terdiri dari 262 halaman, di mana setiap halaman buku ini dikemas dengan ringkas dan mudah dipahami oleh pembaca. Sebagai penulis buku 262 halaman tersebut, Morgan Housel membuat 19 cerita pendek yang mengeksplorasi pembaca untuk memahami persepsi uang dari sisi psikologis.

Buku ini menceritakan tentang hubungan antara manusia dengan uang yang dilihat dari sudut pandang perilaku manusia. Dari 19 cerita pendek yang ada dalam buku ini mengisahkan kisah nyata dari dua orang yang memiliki latar belakang yang berbeda.

Orang pertama bernama Ronald James Read, seseorang yang berprofesi sebagai petugas kebersihan pom bensin Amerika Serikat. Orang kedua bernama Richard Fuscone, seseorang yang berprofesi sebagai eksekutif di Perusahaan Manajemen Investasi Merril Lynch. Dimana ia seorang yang memiliki latar belakang sarjana Pendidikan Ekonomi dan merupakan lulusan kampus ternama dunia, Harvard University. Walaupun Ronald memiliki latar belakang yang berbeda dengan Richard, namun sepanjang hidup Ronald memiliki perilaku dan gaya hidup sederhana serta rajin menabung.

Hal tersebut terbukti pada masa akhir hayat Ronald, ia mampu memiliki uang sebesar 8 juta USD atau sekitar 114,6 miliar rupiah. Dimana dari sebagian besar uang tersebut telah disumbangkan ke rumah sakit lokal dan perpustakaan.

Editor: Agung