Kapolda Kepri Terima Kunjungan Internal Security Department Singapura di Batam

Kapolda Kepri Irjen. Pol. Yan Fitri Halimansyah saat menggelar pertemuan dengan Director ISD Mr Tan Chye Hee. (Foto: Humas Polda Kepri)

J5NEWSROOM.COM, Batam – Kapolda Kepri Irjen. Pol. Yan Fitri Halimansyah menerima kunjungan dan melakukan audiensi tim dari Internal Security Department (ISD) Singapura di ruang kerja Kapolda Kepri, Selasa (23/4/2024).

Dalam pertemuan itu, Yan Fitri menerima Director ISD Mr Tan Chye Hee, anggota ISD Christopher Jacob, Kepala Pelabohan and Bandara Ms Mabeline, Kepala Pelabohan Harbour Bay dan Pelabohan Tanah Merah Eric Tan, Kepala Investigator Rudy, Analyst Mr Gavin dan Kepala Liaison Indonesia Mr Ong Kay Beng.

Turut Hadir dalam pertemuan tersebut Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, Irwasda Polda Kepri, PJU Polda Kepri, Wakapolresta Barelang.

Yan Fitri Halimansyah mengatakan, pertemuan ini merupakan wujud komitmen Polda Kepri dalam memelihara hubungan baik antara Singapura dan Indonesia, terutama untuk Provinsi Kepri yang berbatasan langsung dengan Singapura.

Termasuk, komitmen Polda Kepri untuk memastikan bahwa tidak ada halangan dalam pertukaran informasi, terutama terkait dengan isu-isu sensitif, sehingga kedua negara tetap dapat bekerja sama dengan baik di masa depan. kerjasama antara pihak keamanan dari kedua negara untuk selalu mengantisipasi perkembangan isu-isu yang menjadi perhatian bersama, termasuk terorisme.

Kapolda Kepri juga menyampaikan harapannya bahwa bagi warga Singapura yang berkunjung ke Indonesia, akan dijaga dan diberikan perlindungan. Serta berjanji untuk berusaha semampunya jika ada warga Singapura yang menghadapi masalah di Indonesia.

Sebaliknya, Kapolda juga berharap bahwa jika ada warga negara Indonesia yang mengalami masalah di Singapura, informasinya dapat disampaikan dengan segera kepada pihak berwenang di Indonesia, sehingga semua pihak di sini dapat memberikan bantuan dan dukungan yang diperlukan.

“Saya berharap bahwa hubungan yang terjalin dengan baik ini dapat terus berkelanjutan, dan apabila terjadi masalah, kita dapat mengatasinya bersama-sama untuk menjaga wilayah perbatasan ini tetap dalam keadaan aman dan terkendali,” papar Yan Fitri Halimansyah.

Ditambahkannya, dengan kerjasama yang kuat antara pihak keamanan dari kedua negara serta dukungan dari masyarakat, kita dapat menjaga keamanan dan stabilitas di wilayah perbatasan antara Indonesia dan Singapura.

Sementara itu, Director ISD Mr. Tan Chye Hee menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh Polda Kepri, sambil mengapresiasi kinerja pihak Polri yang telah menjalani tugas yang sangat berat dalam pelaksanaan pemilu pilihan presiden yang baru saja berlalu.

Selain itu, menegaskan kembali bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menjalin kerjasama keamanan antara kedua negara, menggaris bawahi pentingnya kolaborasi dalam menanggapi tantangan keamanan yang ada.

“Terakhir, saya berharap bahwa hubungan baik antara Singapura dan Indonesia akan terus berkelanjutan, khususnya dalam memberikan keamanan dan stabilitas di wilayah perbatasan ini. Dengan kerjasama yang kuat dan komitmen yang terus menerus dari kedua belah pihak, saya yakin bahwa kita dapat menjaga wilayah perbatasan ini dalam keadaan aman dan terkendali, serta mengatasi bersama-sama setiap tantangan yang mungkin muncul di masa depan,” papar Director ISD Mr. Tan Chye Hee mengakhiri.

Editor: Agung