KMP Thandemand Terbakar di Perairan Batam, Tidak Ada Korban Jiwa

Proses pemadaman kobaran api di atas KMP Thandemand, yang tengah lego jangkar di Perairan Tanjung Kasam, Kota Batam, Rabu (2/10/2024). (Foto: Net)

J5NEWSROOM.COM, Batam – Insiden kebakaran terjadi pada Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Thandemand saat lego jangkar di perairan Tanjung Kasam, Punggur, Kota Batam, Rabu (2/10/2024). Asap tebal terlihat membubung tinggi, bahkan dapat dilihat dari Pelabuhan Tanjunguban, Bintan.

Kepala Operasi Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PPLP) Tanjunguban, Alfaizul, mengonfirmasi kejadian tersebut. Dia menjelaskan bahwa kapal terbakar dalam keadaan tidak beroperasi dan tanpa penumpang.

“Kapal terbakar dalam kondisi lego jangkar, artinya tidak sedang berlayar dan tidak membawa penumpang,” jelasnya.

KMP Thandemand biasanya melayani rute Telaga Punggur, Batam – Tanjungbalai Karimun, tetapi saat insiden, kapal sedang berlabuh.

Mendapat laporan kebakaran, PPLP Tanjungan segera mengirimkan dua kapal patroli, KN Rantos P-1209 dan KN 547, untuk mengecek lokasi kejadian. Tugas mereka adalah memantau situasi dan memastikan keselamatan anak buah kapal (ABK).

“Personel PPLP bersama tim gabungan masih berada di lokasi untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait insiden ini,” tambah Alfaizul.

Kebakaran dilaporkan terjadi sekitar pukul 13.00 WIB dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.00 WIB. Hingga saat ini, tidak ada laporan mengenai korban jiwa.

Editor: Agung