Hadiah Nobel Ekonomi Dianugerahkan untuk Penelitian ‘Mengapa Negara Berhasil atau Gagal’

Anggota Akademi Ilmu Pengetahuan dari Majelis Nobel di Riksbank Swedia mengumumkan pemenang hadiah Nobel bidang ekonomi: Daron Acemoglu, Simon Johnson dan James A. Robinson, dalam jumpa pers di Stockholm, 14 Oktober 2024.

J5NEWSROOM.COM, Stockholm – Hadiah Nobel di bidang ekonomi dianugerahkan pada hari Senin (14/10) kepada Daron Acemoglu, Simon Johnson, dan James A. Robinson atas penelitian mereka yang menjelaskan mengapa beberapa negara berhasil dan yang lainnya gagal.

Ketiga ekonom ini diakui untuk penelitian mereka tentang perbedaan kemakmuran antar negara. Komite Nobel dari Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia menyatakan bahwa mereka “telah menunjukkan pentingnya lembaga-lembaga kemasyarakatan bagi kemakmuran suatu negara.”

Komite menambahkan bahwa masyarakat dengan aturan hukum yang buruk dan lembaga yang mengeksploitasi penduduk tidak akan mengalami pertumbuhan yang positif. Penelitian para pemenang membantu menjelaskan mengapa hal ini terjadi. Acemoglu dan Johnson bekerja di Massachusetts Institute of Technology, sementara Robinson berafiliasi dengan University of Chicago.

Jakob Svensson, Ketua Komite Penghargaan dalam Ilmu Ekonomi, mengatakan bahwa mengurangi kesenjangan pendapatan yang signifikan di antara negara-negara merupakan salah satu tantangan terbesar saat ini. Ia menyatakan bahwa penelitian mereka memberikan “pemahaman yang jauh lebih mendalam tentang akar penyebab keberhasilan atau kegagalan suatu negara.”

Dihubungi oleh pemberi penghargaan di Athena, Yunani, Acemoglu mengungkapkan rasa terkejutnya dengan penghargaan tersebut, mengatakan, “Anda tidak pernah mengharapkan sesuatu seperti ini.”

Penghargaan ekonomi ini secara resmi dikenal sebagai Penghargaan Bank Swedia dalam Ilmu Ekonomi untuk Mengenang Alfred Nobel, yang didirikan oleh bank sentral pada tahun 1968 untuk mengenang Nobel, seorang pengusaha dan ahli kimia Swedia yang menciptakan dinamit dan mendirikan lima Hadiah Nobel.

Meskipun ada yang berpendapat bahwa penghargaan ini bukanlah bagian dari penghargaan Nobel asli, penghargaan ini tetap diserahkan pada tanggal 10 Desember, hari peringatan wafatnya Nobel pada tahun 1896. Pengumuman penghargaan Nobel untuk bidang kedokteran, fisika, kimia, sastra, dan perdamaian telah dilakukan minggu lalu.

Sumber: voaindonesia.com
Editor: Saibansah